Kumpulan Soal UN Sosiologi SMA IPS Tahun 2013 dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Musim ujian nasional (UN) akan segera datang dan soal-soal ujian tahun lalu banyak kita butuhkan sebagai bahan latihan karena itulah pada kesempatan ini akan dibahas mengenai kumpulan soal UN SMA untuk jurusan IPS mata pelajaran sosiologi yang akan dilengkapi juga dengan kunci jawaban dan pembahasan yang dibutuhkan.

Rekan pelajar khususnya kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir sangat disarankan untuk mempelajari berbagai soal-soal ujian dari tahun sebelumnya untuk memahami berbagai tipe soal yang mungkin akan diujikan.

Salah satu upaya untuk mempelajari soal tersebut adalah dengan mencari berbagai soal ujian tahun sebelumnya yang sudah dibahas dan terdapat kunci jawabannya juga.

A. Contoh Soal UN Sosiologi SMA tahun 2012/2013

Jika kita mempelajari contoh soal ujian nasional maka kemahaman akan tipe-tipe soal akan lebih baik lagi. Contoh soal ujian yang dapat kita pelajari dapat berupa soal ujian tahun 2010 – 2011, soal 2011 – 2012, soal UN tahun 2012 – 2013 atau soal-soal tahun lalu lainnya.

Selain mempelajari contoh soal dari tahun lalu banyak juga diantara kita yang mempesiapkan diri dengan mempelajari berbagai soal kisi-kisi ujian dari buku-buku persiapan ujian yang banyak beredar.

Inti dari mempelajari soal-soal tersebut adalah bahwa kita akan berupaya untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap berbagai tipe soal yang sering muncul pada ujian nasional.

Sebagai bahan referensi, silahkan bagi rekan yang belum sempat mendapatkan berbagai koleksi soal yang dibutuhkan untuk mempelajari contoh soal UN sosiologi berikut ini.

1. Perhatikan peristiwa berikut!
(1) Aksi protes masyarakat akibat rumahnya terendam luapan lumpur panas
(2) Ditemukannya artefak alat-alat perlengkapan hidup zaman pra sejarah
(3) Persaingan antarcalon Kepala Daerah memperebutkan simpati rakyat
(4) Turunnya harga beras akibat kebijakan pemerintah melakukan impor
(5) Timbulnya gerakan menolak diberlakukannya kebijakan pemerintah

Yang menjadi objek kajian sosiologi adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

2. Ilmu sosiologi terapan yang bersifat empiris mampu memberikan gambaran senyatanya permasalahan di masyarakat seperti kemiskinan, kejahatan, dan perilaku menyimpang. Kelebihan tersebut berguna memberikan gambaran kondisi sosial sesuai dengan kebutuhan pembangunan, berarti fungsi sosiologi tersebut berada pada tahapan ....

A. perencanaan pemecahan masalah
B. pemberian kesimpulan mendasar
C. pelaksanaan kebijakan publik
D. penelitian organisasi sosial
E. penilaian kinerja organisasi

3. Perhatikan perilaku berikut!
(1) Menggunakan tangan kanan ketika bersalaman
(2) Melambaikan kedua tangan saat menonton pertandingan
(3) Mengucapkan terima kasih setelah mendapat pertolongan
(4) Menulis catatan pelajaran di kelas menggunakan tangan kanan
(5) Memberika sesuatu kepada orang lain dengan tangan kanan

Yang termasuk contoh penerapan norma kesopanan adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

Karena hanya beberapa soal saja maka tentunya soal tersebut tidaklah cukup untuk kita pelajari sebagai persiapan UN. Karena itu tidak salah kalau kita coba melengkapi soal-soal lain yang dibutuhkan dengan mencari berbagai referensi dari sumber lain.

B. Salin Soal UN Sosiologi SMA IPS 2012 - 2013 dan Pembahasan

Sebagai oleh-oleh untuk rekan pelajar semua yang sudah dengan setia mengikuti terus berbagai soal yang dibagikan di blog ini maka berikut akan disertakan kumpulan soal ujian nasional (UN) mata pelajaran sosiologi dari tahun 2012/2013 yang lalu.

Silahkan bagi yang membutuhkan soal untuk latihan dapat langsung menyalin soal-soal tersebut melalui tautan berikut!

Soal UN Sosiologi SMA IPS Tahun 2013
Kumpulan Soal UN Sosiologi SMA IPS Tahun 2013 dan Pembahasan

Klik link di atas untuk menyalin semua soal UN sosiologi yang sobat butuhkan. Rekan akan dibawa ke halaman download yang berisi link-link soal yang dapat digunakan untuk menyalin soal yang dibutuhkan. Soal-soal yang dapat di salin terdiri dari 20 paket soal UN Sosiologi SMA tahun pelajaran 2012 – 2013 yang lalu.

Dengan mempelajari Kumpulan Soal UN Sosiologi SMA IPS Tahun 2013 dan Pembahasan, soal latihan ujian nasional, buku prediksi UN, dan juga buku persiapan UN diharapkan rekan pelajar semua akan lebih siap lagi dalam menghadapi tes kelulusan yang akan segera diadakan.

Sampai disini saja, silahkan salin langsung soal yang dibutuhkan dan jangan lupa untuk melihat soal-soal UN lain yang juga telah dibagikan. Terima kasih atas kunjungannya hari ini.