Update Soal Ulangan Harian Kelas XII SMA dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Update soal ulangan ini merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya mengenai Kumpulan Soal Ulangan Harian SMA, dan pada uraian kali ini kita akan membahas khusus untuk sobat pelajar kelas XII. 

Untuk sobat kelas xii ini saya yakin telah terbiasa dengan latihan soal karena pastinya selama kelas xii sering mengikuti les atau tambahan belajar untuk persiapan menghadapi soal ujian nasional. Maka dari itu langsung saja kita menuju pembahasan kali ini. (Kumpulan Soal dan Pembahasan)

Pembahasan latihan kita kali ini adalah dengan contoh-contoh soal yang bisa digunakan untuk persiapan ulangan harian. Ya, meski tidak untuk persiapan juga bisa untuk belajar di rumah.

Kan semakin banyak berlatih maka kita bisa semakin menguasai materi yang pernah dipelajari. Jadi, tidak akan lupa lagi. Lucu kan kalau setelah seminggu belajar lalu hilang semua tanpa ada yang membekas. 

Rugi juga nantinya. Maka dari itu kita selalu berusaha terus untuk mengingat yang sudah dipelajari dan menambah yang belum dipelajari. Santai, sedikit demi sedikit saja tidak apa-apa. Hasilnya nanti juga kelihatan kok.

A. Contoh Soal Ulangan Fisika Kelas XII

Tampa banyak bertutur lagi silahkan dilihat beberapa contoh soal untuk ulangan kelas xii berikut yang kebetulan saya dapatkan dari sumber ketiga di internet.

1. Perhatikan pernyataan berikut.
1) d sinθ = nλ ; n = 0, 1, 2, ...
2) d sinθ = nλ ; n = 1, 2, 3 ...
3) d sinθ =(n-1/2) λ ; n = 1, 2,3 ...

Dari pernyataan di atas pernyataan yang benar untuk Interferensi celah ganda pada interferensi maksimum (terang) adalah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 daN 3
E. 1 saja

2. Secara total lapisan tipis memperkenalkan pembalikan fase sebesar ?
A. 900
B.1200
C. 1800
D. 2700
E. 3000

3. Perhatikan pernyataan berikut.
1. d sinθ = nλ ; n = 0, 1, 2, ..
2. d sinθ = nλ ; n = 1, 2, 3 ...
3. d sinθ =(n-1/2) λ ; n = 1, 2,3 ...
Dari pernyataan di atas pernyataan yang benar untuk Difraksi celah tunggal pada difraksi maksimum (terang) adalah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3 
D. 1, 2 daN 3
E. 3 saja

Contoh soal di atas merupakan culikan soal ulangan harian Sma Plus Negeri 7 Bengkulu untuk materi optik fisis dan listrik statis. Untuk mempelajarinya silahkan salin atau pelajari langsung soalnya melalui tautan yang ada dibawah ini:
  1. Lihat Contoh Soal Diatas 
  2. Salin Contoh Soal Ulangan Kelas XII 
  3. Pembahasan Contoh Soal Ulangan Kelas XII 

Bagi yang ingin terus berlatih dengan beberapa soal tersebut dilahkan cek langsung dari tautan yang sudah disiapkan. Nanti rekan semua bisa langsung mendapatkan soal lengkap yang dibutuhkan. Kalau sudah silahkan lanjut ke bawah.

B. Salin Soal Ulangan Harian SMA Update

Selain contoh soal diatas, sobat juga dapat mempelajari soal-soal ulangan harian lainnya yang telah saya update melalui beberapa pembahasan menurut mata pelajaran yang ada. Silahkan dipelajari ulangan harian update tersebut seperti yang tertera dibawah ini:

  1. Ulangan Harian Bahasa Inggris 
  2. Ulangan Harian Bahasa Indonesia 
  3. Ulangan Harian Bahasa Matematika 
  4. Ulangan Harian Bahasa Biologi 
  5. Ulangan Harian Bahasa Komputer 
  6. Ulangan Harian Sejarah 
  7. Ulangan Harian Kimia 
  8. Ulangan Harian Fisika 
  9. Ulangan Harian Muatan Lokal 

Tautan salin soal untuk masing-masing mata pelajaran yang telah disebutkan diatas akan sobat temukan pada uraian masing-masing mata pelajaran sma tersebut. Jadi untuk menyalin atau mendownloadnya silahkan pilih mata pelajaran yang ada lalu cari tautan salin / download untuk soal mata pelajaran tersebut. (Kumpulan Soal dan Pembahasan)

Tidak terlalu panjang namun saya rasa update soal kali ini cukup untuk menambah koleksi latihan soal yang telah ada. Kita tentu akan terus berusaha untuk melengkapi referensi soal yang dibutuhkan. Itu saja dulu, semoga bermanfaat.