Kumpulan Soal Unas dan Uas SMP Lengkap

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal dan pembahasan kali ini akan mengupas secara lengkap mengenai kumpulan soal terbaru kita yaitu soal unas dan soal uas untuk siswa smp. Unas merupakan ujian akhir nasional sedangkan uas merupakan ujian akhir sekolah, dua-duanya akan segera dihadapi oleh adik-adik pelajar sekolah menengah pertama (SMP).

Untuk memberikan tambahan referensi belajar yang mungkin berguna itulah kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai kumpulan soal lengkap ini. Meski tahun ini ujiannya adalah ujian nasional berbasis komputer (unbk).

Dengan berbagai latihan soal berikut kita bisa berlatih untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional Unas dan juga Ujian Sekolah Uas.

Latihan tersebut dapat juga kita manfaatkan untuk penguatan materi yang sebelumnya telah kita pelajari di sekolah.

Dan, dari latihan ini kita juga dapat mengukur kemampuan kita dalam penguasaan materi dan juga dalam kemampuan mengerjakan ujian.

Kalau ada yang kesulitan dalam berlatih maka bisa menggunakan tips mengerjakan soal ujian. Diantara tips mengerjakan soal ujian tersebut yaitu sebagai berikut:

a) Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu
b) Pahami soalnya sebelum menjawab
c) Cek kembali hasil jawaban yang diperoleh
d) Maksimalkan waktu yang diberikan

Dengan berbekal tips di atas semoga saja kita dapat lebih lancar dalam mengerjakan soal unas dan uas smp yang akan segera kita hadapi. Sekarang mari kita langsung menuju latihan-latihan soal tersebut.

A. Kumpulan Soal SMP Lengkap 

Kumpulan soal untuk siswa smp lengkap yang dapat dipelajari terkait dengan ujian adalah beberapa soal dari mata pelajaran dan tahun diujikan berikut ini. Silahkan disimak secara detail beberapa soal berikut:
  1. Soal SMP Tahun 2007
  2. Soal SMP Tahun 2006
  3. Soal SMP Tahun 2005
  4. Soal SMP Tahun 2004
  5. Soal SMP Tahun 2003
Yang diatas tersebut merupakan kumpulan lengkap dari soal-soal ujian nasional (Unas) dan juga ujian akhir sekolah (Uas) yang dapat dipergunakan sebagai bahan latian dalam menguji kemampuan adik-adik pelajar smp.

Adik-adik yang telah biasa berlatih mengerjakan soal pasti sangat membutuhkan soal-soal diatas untuk sarana latihan dan uji kemampuan yang dimiliki.

Saya yakin adik-adik atau sobat lain yang mempunyai adik di tingkat smp akan memanfaatkan soal-soal diatas dengan sebaik-baiknya demi kemajuan dan keberhasilan proses belajar yang selama ini telah ditempuh. Baca juga: contoh soal teks prosedur dan jawaban

B. Salin Download Soal Unas dan Uas SMP 

Nah, sekarang khusus bagi adik-adik atau sobat yang membutuhkan soal diatas dan berniat mempelajarinya di rumah, saya akan menyertakan soal-soal diatas agar dapat disalin dan dipelajari di rumah.

Silahkan pilih mata pelajaran yang diinginkan dan salin (download) soalnya melalui tautan link yang ada. Soal-soal yang dapat disalin sebagai berikut:

Tahun 2007


Tahun 2003

Banyak bukan soalnya, makanya agar tidak stress dalam mempelajarinya jangan lupa istirahat yang cukup sebelumnya dan siapkan juga cemilan yang dapat menemani dalam belajarnya.


Semoga soal-soal tersebut dapat membantu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan hasil ujian adik-adik smp semuanya… Kumpulan Soal Unas dan Uas SMP Lengkap di atas masih ada yang lain, silahkan lihat juga beberapa latihan lain di bagian akhir tulisan ini.