50 Soal dan Jawaban Gelombang Elektromagnetik

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
50 Soal dan Jawaban Gelombang Elektromagnetik - Ada beberapa pembahasan mengenai soal gelombang elektromagnetik yang telah dibagikan, kali ini, saya akan mencoba membagikan sisa-sisa soal yang belum saya terbitkan untuk sobat pelajar.

Sobat, 50 soal dan jawaban menjadi judul yang akan menghantarkan sobat semua untuk menyalin soal-soal tersebut.

Tentu saja, latihan kali ini juga akan terdiri dari dua jenis soal yaitu untuk soal PG dan juga soal esai atau soal uraian. 

A. Cuplikan 50 Soal dan Jawaban 

Sebagai ilustrasi, berikut ini silahkan dilihat cuplikan 50 soal dan jawaban yang nanti dapat sobat salin pada bagian akhir pembahasan kali ini.

Berikut cuplikan 50 soalnya. Selengkapnya, di website Kumpulan Soal dan Jawaban kita bisa mempelajari berbagai soal yang dibutuhkan seperti contoh soal esai berikut.

Esay
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Sebuah gelombang radio memiliki frekuensi 30Hz. Berapakah panjang gelombangnya?
2. Sebutkan sifat-sifat gelombang elektromagnetik!
3. Hitunglah waktu yang diperlukan cahaya untuk bergerak pulang pergi dari bumi ke sebuah pesawat ruang angkasa yang berjarak 1m3.109 km dari bumi!
4. Kelajuan gelombang dalam vakum adalah 3.108 m/s. Tentukan frekuensi dari :
a. gelombang radio (λ = 5.101m),
b. gelombang sinar-X (λ = 1 nm), dan
c. gelombang sinar gamma (λ = 2 pm)!
5. Jelaskan apa saja kegunaan sinar gamma!

Pilihan Ganda
1. Pernyataan berikut yang bukan termasuk sifat gelombang elektromagnetik adalah ….
a. merupakan gelombang transversal
b. dapat merambat diruang hampa
c. arah perambatannya tegaklurus
d. dapat mengalami pembiasan
e. dapat mengalami polalisasi

2. Gelombang elektromagnetik merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3×108 ms-1. Apabila frekuensi gelombang tersebut 20MHz, maka panajang gelombangnya adalah ….
a. 5m
b. 10m
c. 15m
d. 20m
e. 25m

3. Gelombang elektromagnetik yang mempunyai daerah frekuensi 104 sampai 107 Hz adalah ….
a. gelombang mikro
b. gelombang radio
c. gelombang tampak
d. sinar inframerah
e. sinar gamma
4. Rentang frekuensi medium wave pada gelombang radio adalah ….
a. 30MHz – 300HHz
b. 300MHz – 3GHz
c. 30kHZ – 300kHz
d. 300kHz – 3MHz
e. 13MHz – 30MHz

Cuplikan soal diatas merupakan cuplikan untuk soal esay yang ada dalam 50 soal dan jawaban. Sobat dapat mempelajari keseluruhan 50 soal yang ada setelah menyalin atau download soalnya terlebih dahulu.

B. Salin Soal Gelombang Elektromagnetik 

Untuk dapat mempelajari soal-soal yang saya bagikan ini, sobat harus menyalinnya terlebih dahulu tetapi tidak dari halaman ini.

Sobat bisa menyalin latihan ini dari halaman lain yang khusus digunakan untuk menyalin soal. Untuk menyalin soalnya silahkan klik tautan download berikut ini.


Ikuti langkah-langkah yang ada pada halaman download / salin soal, dan pelajari soal-soalnya semua di rumah sobat. Jangan lupa untuk melihat beberapa soal pembahasan tentang materi yang sama berikut ini:
Bagaimana, sudah banyak bukan pilihan referensi untuk belajar fisika kali ini? Ya, rekan pelajar sma harus tetap semangat. Kadang belajar memang membosankan tapi ingat bahwa kita harus berhasil.


Tidak boleh tidak. Belajar adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan masa depan yang gemilang. Maka dari itu mari kita selalu belajar. Mulai dari latihan yang ada. Silahkan lanjut ke beberapa soal lainnya.