Contoh Soal UAS PKn Kelas 10 SMK dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh soal UAS PKn kelas 10 SMK ini akan melengkapi referensi latihan ulangan kenaikan kelas yang sudah dibahas sebelumnya. Yang ini masih khusus untuk kelas x yang baru masuk ke sekolah kejuruan. Pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk semua program keahlian atau jurusan.


Soal PKn berikut ini terdiri dari 10 soal essai dimana rekan semua harus menjawab atau menguraikan jawaban dengan tepat. Ada yang diminta untuk menyebutkan.

Ada yang diminta untuk menjelaskan dan ada juga yang diminta menyebutkan sekaligus menjelaskannya.

Dalam mengerjakn jenis soal uraian seperti ini tentu kita harus benar-benar menguasai materinya. Kalau tidak paham maka kita pasti akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Tapi ini hanya latihan. Tidak perlu dibuat terlalu pusing. Kita gunakan saja contoh soal tersebut sebagai sarana untuk mengukur sejauh mana pemahaman kita terhadap materi yang sudah dipelajari.

Pertama silahkan dikerjakan semua soalnya. Setelah itu kita punya kesempatan untuk membahas soal - soal ini lebih jauh.

Yang mudah dan pasti benar bisa dilewati. Yang jawabannya tidak bisa diberikan dapat dijadikan bahan untuk diskusi.

Soal pertama yaitu nomor satu adalah tentang pembagian hukum. Soal nomor dua kita diminta untuk menjelaskan beberapa istilah yang berhubungan hak dalam kehidupan. Soal ini berkaitan dengan definisi atau pengertian dari beberapa istilah penting.

Soal ketiga tentang korupsi. Soal ke empat sampai soal nomor delapan adalah tentang hak asasi manusia (ham).

Soal nomor sembilan tentang four freedoms dan terakhir tentang korupsi. Itulah tadi yang ada dalam soal latihan kita kali ini. Seperti apa, langsung dikerjakan saja berikut!

Contoh Soal UAS PKn Kelas 10 SMK

Sepuluh soal saya rasa cukup untuk sekali belajar. Bisa digunakan untuk latihan satu hari. Besok kita bisa lanjutkan dengan latihan lainnya. Sedikit kalau rutin juga akan sangat membantu persiapan UAS kita.

Untuk sementara latihan uas PKn smk kelas 10 di atas tidak disertai dengan kunci jawaban atau pembahasan. Silahkan gunakan sebagai bahan latihan untuk mengukur kemampuan yang dimiliki. Jadi nanti akan tahu mana yang sudah paham dan mana yang belum.

Kalau sudah selesai bisa langsung lanjut dengan latihan lainnya. Untuk persiapan silahkan pilih soal lain dan cetak langsung. Dengan begitu akan lebih mudah untuk dipelajari di rumah. Lumayan, hemat kuota.