Contoh Soal UAS Matematika Kelas 12 SMK dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Lanjut lagi dengan latihan soal UAS matematika kelas 12 untuk sekolah menengah kejuruan (SMK). Kali ini khusus untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian semester satu atau ganjil. Rekan pelajar semua tentu tidak ingin mendapatkan hasil yang kurang memuaskan bukan? Makanya kita persiapkan dengan baik.

Sama dengan beberapa latihan sebelumnya. Kita akan berlatih dengan mengerjakan beberapa contoh soal yang diberikan. Kita akan coba mengukur seberapa jauh kemampuan kita dalam memahami berbagai materi pelajaran matematika yang sudah dipelajari.

Soalnya tidak akan banyak. Latihan ini hanya terdiri dari sepuluh soal. Kalau soalnya sih pendek-pendek tetapi jawabannya mungkin bisa buat kita pusing. Terutama kalau kita tidak rajin belajar. Seperti apa soalnya?

Beberapa soal  akan berkaitan dengan materi mean, modus dan median. Ada juga yang berhubungan dengan materi simpangan kuartil atau jangkauan semi inter kuartil dan juga mengenai simpangan rata-rata.

Masih ingat mengenai materi yang sudah kita pelajari tersebut bukan? Kalau tentang simpangan baku bagaimana, ingat juga? Ya, itu tadi beberapa poin yang ada dalam latihan kita kali ini. Bentuk soalnya seperti apa nanti rekan semua bisa langsung mengerjakannya sendiri. 

Kalau dilihat sekilas mungkin soal-soal ini lumayan berat. Tapi kalau sebelumnya kita sudah belajar dengan rajin dan ruti tentu tidak akan sesulit yang dibayangkan. Yang terpenting kita bisa memperkuat pemahaman tentang materi - materi yang sudah disebutkan tadi.

Sudah siap mengerjakan soal - soal tersebut? Apa perlu kita bahas sedikit mengenai materi - materi dalam soal ini? Nanti saja ya. Sekarang kita kerjakan saja dulu soalnya seperti saat mengikuti ulangan. Baru setelah itu kita perkuat dengan mengulang materi yang ada. Yuk, silahkan dimulai.

Contoh Soal Matematika SMK dan Pembahasan

Nomor satu jawabannya apa, hayo siapa yang tahu? Kalau nomor tiga bagaimana, bisa tidak? Ya, tidak apa-apa. Kalau ada yang tidak bisa ya jangan berkecil hati. Tujuan kita belajar soal UAS matematika ini kan memang untuk mencari tahu mana yang kurang dipahami.

Dengan tahu mana yang masih kurang maka kita bisa mempelajari lagi materi tersebut. Harapannya bisa menutupi celah yang ada. Jadi kalau ada soal seperti itu bisa dijawab dengan baik.

Untuk mendapatkan kunci jawaban dari soal di atas silahkan didiskusikan dengan teman atau rekan lain. Tujuannya agar kita tahu mana jawaban yang paling tepat dan bagaimana cara mengerjakan soal-soal tersebut.

Ini kan masalah pemahaman. Iya toh? Nah, makanya jangan lengah ya. Selalu semangat untuk belajar. Yang rajin karena waktu tidak bisa diputar kembali. Silahkan dikerjakan sampai selesai ya. Selamat belajar!