Contoh Soal UAS IPS Kelas 10 SMK Semua Program Keahlian

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Belajar contoh soal UAS IPS kelas 10 yuk. Kali ini khusus untuk rekan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK). Yang mau mengikuti ujian kenaikan kelas harus banyak melakukan persiapan bukan? Harus banyak belajar dan berlatih. 


Mempelajari soal - soal seperti ini banyak manfaatnya. Dengan belajar dan berlatih menggunakan soal maka akan melengkapi belajar yang sudah ada. Biasanya kita mengulang materi yang ada. Membaca buku cetak dan catatan. Ini akan mendukung.

Berlatih soal bisa dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman terhadap sebuah materi. Kita bisa mengetahui bagian mana yang sudah bagus dan bagian mana yang masih kurang dipahami.

Selain meningkatkan kemampuan, belajar soal juga akan meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi ujian.

Ingat, kalau pikiran kita bagus maka akan lebih mudah konsentrasi. Kalau belum apa-apa sudah takut, tidak percaya diri, maka saat ulangan bisa kacau.

Yang tadinya sudah hafal bisa lupa. Yang tadinya sudah paham bisa jadi bingung kalau tidak percaya diri. Makanya, dengan banyak berlatih seperti ini kita bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi ujian kenaikan kelas.

Oleh karena itu kita akan menggunakan contoh soal UAS IPS kelas 10 SMK ini untuk media belajar dan mengukur kemampuan kita.

Latihan soal kali ini khusus untuk kelas 10 semua jurusan di smk. Soalnya merupakan jenis soal uraian atau soal esai. Jumlahnya tidak banyak. Untuk latihan ini hanya berjumlah 5 soal esai IPS yang harus dikerjakan.

Bagi rekan pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk ulangan maka bisa menambah sesi latihan dengan mengerjakan soal - soal tersebut. Seperti apa soalnya, susah atau tidak, mari kita langsung kerjakan di bawah ini.

Contoh Soal UAS IPS Kelas 10 SMK

Mudah kan. Soal pertama kita diminta untuk menjelaskan arti dari ekonomi. Pada nomor dua kita diminta untuk menyebutkan 3 jenis kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya. Tidak lupa juga disertai dengan contoh masing-masing. Pasti tahu dong?

Itu tadi nomor satu dan dua. Nomor tiga kita diminta untuk menuliskan atau menyebutkan lima faktor yang menjadi penyebab kelangkaan atau keterbatasan sumber daya. Nomor selanjutnya kita diminta menjelaskan maksud dari biaya peluang.

Pada soal nomor lima - soal terakhir - kita diminta untuk menyebutkan berbagai pertimbangan ketika hendak membelanjakan atau menggunakan uang. Tidak begitu sulit ya. Pasti sudah banyak yang tahu jawaban dari berbagai soal di atas.

Mudah-mudahan semua soal uas ips smk kelas 10 di atas bisa dikerjakan dengan baik dan bisa meningkatkan pemahaman kita terhadap materi yang sudah dipelajari. Tahu dan lebih paham lagi.

Lima soal tentu tidak cukup. Kalau sudah selesai dengan soal - soal di atas rekan semua bisa melanjutkan dengan berbagai soal uas lain yang juga sudah dibahas disini. Silahkan cek langsung dibagian bawah ya. Masih banyak kok.