Soal Pilihan Ganda IPA Kelas 2 dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Pilihan Ganda IPA Kelas 2 SD dan Pembahasan - Berikut ini adalah sebuah soal terkait dengan sebuah mata pelajaran IPA untuk siswa sekolah dasar kelas 2. Mungkin ada yang sedang mencari latihan untuk pelajaran ini?


Soal pilihan ganda (PG) IPA kelas 2 semester 1 ini bisa menjadi sebuah media pembelajaran untuk persiapan dalam rangka mengikuti ulangan di sekolah. Dengan sering berlatih mengerjakan soal-soal terkait dengan contoh di bawah ini. 

Pastilah para murid-murid semua akan jauh lebih bertambah pintar. Kuncinya adalah sabar dan tekun mempelajarinya setiap hari di sela-sela waktu luang. Baik itu pada malah hari atau sore hari usai pulang sekolah. 

Semua waktu bisa kamu pergunakan untuk belajar, dan anda tinggal memilih. Tetapi baiknya belajar adalah usai bangun tidur, pada saat itulah adik-adik sangat mudah menangkap materi.

Tanpa berpanjang lebar untuk itu mari kita simak info soal yang ada di bawah ini. Latihan kali ini tidak disertai dengan kunci jawaban. Mudah-mudahan bisa menjadi sebuah soal yang menantang dan bisa menjadi pembelajaran untuk kamu semuanya.

I. Berilah tanda silang (X) pada a, b, atau c pada jawaban yang paling benar!
1) Pertumbuhan hewan ditandai dengan perubahan...
a. jumlah kaki
b. tinggi tubuh
c. warna kulit

Soal di atas adalah soal terkait dengan sebuah pertanyaan yang mengacu pada pertumbuhan hewan. Yang mana ada sebuah ciri khusus dalam menandai sebuah hewan bertumbuh atau tidak. Dan itu bisa dilihat dari cirinya. Ciri seperti apakah yang ada pada hewan secara universal yang sudah bertumbuh..?

2) Kucing berkembang biak dengan...
a. beranak
b. bertelur
c. membelah diri

Kucing adalah salah satu hewan yang mempunyai sebuah ciri mempunyai bulu dan mempunyai kaki 4. Kucing bisa berkembang biak untuk menghasilkan sebuah keturunan hingga menghasilkan generasi-generasi. Terkait dengan soal di atas, dengan cara apakah kucing berkembang biak..?

3) Hewan berikut ini yang memiliki empat kaki...
a. ayam
b. gajah
b. burung

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah ciri yang ada pada hewan. Seperti yang kita ketahui bahwa hewan yang ada di dunia ini mempunyai sebuah bentuk dan ciri yang berbeda tergantung pada jenisnya. Dan diantara jawaban di atas yang manakah yang termasuk ke dalam hewan berkaki 4..?

4) Hewan yang memiliki gading...
a. sapi
b. kuda
c. gajah

Masih terkait dengan sebuah ciri pada hewan yang ada di dunia. Memang beragam ciri yang ada di dunia ini, ada yang memiliki sebuah gading ada yang tidak, ada yang mempunyai kaki 4 ada yang hanya memiliki kaki 2, dan bahkan ada yang tidak memiliki kaki. Diantara hewan di atas yang memiliki ciri gading adalah..?

5) Hewan yang dapat hidup di air dan darat adalah...
a. semut
b. katak
c. ulat

Soal di atas adalah sbuah soal yang menjelaskan tentang sebuah hewan yang mampu hidup di darat dan di air. Memang ada hewan yang bisa hidup di darat dan di air, dan ada juga hewan yang hanya bisa hidup di darat saja dan air saja, dan semua iu tergantung jenisnya. 

Dan diantara sebuah pilihan hewan yang ada di atas yang manakah yang termasuk ke dalam hewan yang bisa hidup di darat dan di air.

6) Hewan yang memiliki hidung panjang adalah...
a. gajah
b. semut
c. ular

Soal di atas adalah soal yang terkait dengan sebuah ciri pada hewan yang ada di dunia. Yang mana terkait dengan soal di atas bahwa ada hewan yang mempunyai sebuah hidung yang panjang. Dan dalam kaitannya yang manjadi masalah pada soal tersebut adalah hewan apakah yang memunyai hidung panjang..?

7) Sirip ikan berfungsi untuk...
a. berenang
b. melompat
c. berlari

Ikan adalah sebuah hewan yang hanya bisa hidup di air tawar amupun asin. Yang mana ikan mempunyai sebuah ciri pada tubuhnya yaitu sebuah sisik dan juga sebuah sirip. Terkait dengan sirip ikan pada soal di atas bahwa pokok permasalahannya adalah apa fungsi sirip ikan bagi ikan itu sendiri..? 

8) Hewan yang memiliki tanduk adalah...
a. gajah
b. sapi
c. harimau

Soal di atas adalah soal yang terkait dengan sebuah ciri yang ada pada hewan. Yang mana tanduk adalah salah satu sebuah ciri yang dimiliki oleh jenis hewan, sehingga tanduk juga bisa menjadi sebuah karakter pada hewan tersebut. Yang menjadi pertannyaan adalah hewan  manakah yang bertanduk..?

9) Sayap burung berguna untuk...
a. melindungi tubuh dari hawa dingin
b. terbang
c. berlari

Soal di atas adalah soal terkait dengan burung yang mempunyai cirikhas sayap pada tubuhnya. Sayap pada tubuhnya tentulah menjadi sebuah karakter pada hewan jenis unggas. Yang mana semua jenis hewan unggas memang memiliki sayap. Terait dengan pertannyaan di atas apakah fungsi sayap pada burung.

10) Contoh hewan ampibi...
a. katak
b. angsa
c. ayam

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan hewan ampibi. Yang mana pada bagian bawahnya sudah terdapat sebuah daftar jawaban dan dari ketiga jawaban di atas hanya satu yang merupakan jawaban yang benar. 

Pertanyaannya adalah yang manakah dari daftar jawaban tersebut yang termasuk hewan ampibi..? Tidak usah pusing, di atas kan hanya latihan saja jadi tidak dinilai. Yang terpenting adalah adik-adik bisa mengingat kembali apa yang sudah dipelajari sebelumnya. 

Kalau ada soal yang tidak bisa dikerjakan silahkan adik-adik belajar kembali materi yang berkaitan dengan soal itu. Cari materi yang berhubungan dengan Soal Pilihan Ganda IPA Kelas 2 SD yang tidak bisa dikerjakan. 

Dengan begitu adik-adik bisa mempelajari bagaimana penyelesaian atau jawaban dari soal-soal yang tadi belum dijawab. Itu dulu, silahkan diselesaikan. Kalau sudah silahkan lanjut ke beberapa latihan lainnya.