Soal Geografi Kelas X SMA MA

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Geografi Kelas X SMA MA - Persiapan untuk ulangan harian, ulangan mid geografi atau ulangan semester biasanya akan sangat sibuk belajar. Bisa belajar dengan mengulang materi -materi yang sudah dipelajari sebelumnya. 

Bisa juga mempelajari soal-soal latihan. Apa saja, yang terpenting bisa meningkatkan pemahaman kita terhadap pelajaran di sekolah. Pelajaran geografi kelas 10 misalnya, juga harus diulang lagi.

Kalau sudah belajar dengan rajin dan sering berlatih maka biasanya akan lebih pintar. Masalahnya kadang kita malas untuk rajin atau rutin berlatih dan membaca. Kalau saja kita selalu rajin maka belajar tidak akan sulit.

Seperti misalnya belajar dari latihan-latihan yang ada. Bisa belajar dari latihan soal di buku, lembar kerja atau lainnya, banyak yang bisa dimanfaatkan jika mau. Pelajaran apa saja, termasuk pelajaran geografi yang dikenal tidak terlalu sulit sekalipun.

1) Soal geografi kelas 10 semester 2
2) Soal geografi kelas 10 kurikulum 2013 semester 2
3) Kunci jawaban geografi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
4) Kunci jawaban geografi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
5) Kunci jawaban buku paket geografi kelas 10 kurikulum 2013
6) Materi geografi kelas 10
7) Soal ekonomi kelas 10

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa contoh soal untuk pelajaran geografi khususnya untuk pelajar sma kelas 10. Bagi yang ingin berlatih bersama dan ingin lebih pintar dan menguasai materi yang sudah diajarkan disekolah bisa ikut latihan ini.

Latihan kali ini terdiri dari 10 contoh soal untuk persiapan belajar menghadapi pengambilan nilai. Masing-masing soal nanti akan dijelaskan bagaimana maksud dan permintaan dalam soal tersebut. Dengan begitu lebih mudah memahami apa yang diminta oleh soal. Soalnya adalah soal pilihan ganda, berikut selengkapnya.

1. Bantuan yang terjadi akibat tekanan dan suhu yang tinggi, serta waktu yang lama di dalam kulit bumi adalah ….
a. batuan limnis
b. batuan beku luar
c. batuan beku dalam 
d. batuan sediment
e. batuan metamorf

Ada banyak sebuah tori yang menunjukan tentang terbentuknya batu. Hal tersebut dikarenakan jenis batuan juga tidak hanya satu, tetapi banyak. Soal tersebut menjelaskan tentang cara terbentuknya batuan akibat tekanan dan suhu yang tinggi dan waktu yang lama pada bagian dalam kulit bumi. Disebut batuan apakah batuan yang terbentuk dengan cara demikian..?

2. Penyebab timbulnya tanah kritis di kawasan miskin akan vegetasi adalah ….
a. pencucian dan pengendapan
b. pelapukan dan erosi permukaan     
c. pelarutan dan pengendapan
d. pelapukan dan pelarutan    
e. pelapukan dan pengendapan

Soal ini menjelaskan tentang tanah kritis di kawasan miskin akan vegetasi, atau juga bisa diatarkitan tentang sebuah tanah yang memang tidak mempunyai sebuah potensi lagi karena tidak banyak tumbuhan yang bisa dimanfaatkan manusia. Di sebut apakah yang demikian ini..?

3. Bentuk muka bumi yang nyaris datar dinamakan ….
a. denudasi     
b. dataran banjir
c. peneplain
d. fleksur
e. escarpment 

Ada sebuah teori yang menyangkut tentang bumi sebagai objeknya. Yang mana bumi sebagai sebuah salah satu planet memang pantas menjadi sebuah objek, hingga lahirlah sebuah istilah-istilah dalam sebuah bidang ilmu geografi. Dan di bawah adalah sebuah itilah-istilah yang terkait dengan bumi, yang manakah kira-kira nama dari pada bentuk bumi yang terlihat datar..?

4. Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat erosi di suatu tempat adalah sebagai berikut kecuali ….
a. bahan induk
b. suhu udara  
c. curah hujan 
d. iklim
e. topografi

Pada faktanya memang sebuah erosi pada sebuah dataran memang berbeda-beda. Ada dataran yang mempunyai tingkat erosi rendah dan ada yang mempunyai tingkat erosi tinggi. Dan kembali kepada soal, apakah yang bukan termasuk ke dalam faktor tinggi rendahnya erosi pada sebuah tempat..?

5. Stasiun pencatat gempa mencatat gelombang primer di kota R pk. 20.22;10” dan gelombang sekunder dating pk. 20.25;40”. Jarak episentrum gempa adalah ….
a. 3.500 km
b. 2.500 km
c. 2000 km
d. 2.300 km
e. 5.000 km

Soal tersebut adalah sebuah soal yang memuat tentang pengertian jarak episentrum gempa. Yang mana yang melatar belakangi tentang sebuah gempa yang tercatat di kota R pk. 20.22;10”  dan gelombang sekunder dating pk. 20.25;40”. Dan pertanyaannya adalah berapakah jarak episentrum gempa..?

6. Dengan makin menipisnya cadangan minyak bumi perlu disosialisasikan bahan baker non migas seperti batu bara sebagai bahan baker alternative di kaji dari tejadinya termasuk jenis batuan ….
a. sediment     
b. metamorf kontak
c. beku luar
d. metamorf dynamo 
e. beku dalam

Soal ini mempunyai sebuah pengertian tentang batu bara sebagai sebuah alternative di tengah-tengah kelangkaan atau menipisnya cadangan minyak bumi. Dan maksud pertanyaanya adalah jenis batuan apakah batu bara tersebut..?

7. Hutan memegang peranan penting dalam mencegah erosi tanah karena ….
a. menguap dan mengeluarkan air pada musim kemarau
b. tanah menjadi lembab dan mengandung air
c. berfungsi untuk mencegah penguapan air tanah
d. penahan erosi percik
e. mengatur turunnya hujan pada musim kemarau

Soal ini mempunyai sebuah maksud tentang sebuah fungsi dari pada hutan sebagai pencegah erosi pada tanah. Dan yang dipertanyakan pada soal ini adalah mengapa bisa demikian hutan mencegah erosi pada hutan, apa penyebabnya..?

8. Perhatikan penyataan berikut ini :
1. Terjadi karena perubahan suhu extrim
2. Terjadi karena erosi oleh air pada lapisan batuan
3. Batuan yang melapuk semakin kecil akibat benturan dengan batuan lain
4. Batuan semakin mengecil karena kulit batuan mengalami pengelupasan

Ciri pelapukan kimia adalah ….
a.1 dan 2
b.2 dan 3
c.3 dan 4
d.1 dan 3
e.2 dan 4

Soal ini adalah sebuah soal yang menjelaskan tentang pelapukan kimia. Dan pada bagian atasnya terdapat sebuah macam-macam pelapukan, dan diatara macam-macam pelapukan tersebut terdapat sebuah pelapukan kimia. Yang manakah jenis pelapukan kimia yang ada pada daftar urutan nomer di atas..?

9.Metode vegetatif adalah salah satu upaya penangulangan erosi dengan menanam vegetasi (tanaman) untuk mengurangi jumlah erosi cara yang dilakukan yaitu ….
a. contour village
b. terasering
c. drainase
d. tanggul sawah
e. reboisasi

Soal ini menjelaskan tentang sebuah fungsi dari metode vegetasi sebagai sebuah alat untuk menanggulangi erosi. Dan sebuah pertanyaan yang terkandung dalam pertanyaan tersebut bisa diartikan seperti apakah betuk sebuah metode vegetatif yang bisa menanggulangi erosi, dan dari mana memulainya, untuk mengurangi erosi tersebut..?

10. Jenis-jenis tanaman penghijauan di daerah perbukitan yang gundul tertulis di bawah ini kecuali ….
a. karet, kelapa, magga
b. beringgin dan cendana
c. cendana dan jati
d. jambu monyet dan akasia
e. akasia dan cemara

Soal ini menjelaskan tentang sebuah tanaman yang bukan termasuk dalam sebuah tanaman penghijauan. Dan di bawah adalah sebuah daftar tentang tanaman yang bisa difungsikan sebagai tanaman penghijauan. Pertanyaannya adalah yang manakah yang bukan termasuk ke dalam ciri tanaman yang bukan tanaman untuk penghijauan..?

Cara latihan dengan contoh soal geografi tersebut bagaimana, ya dengan mengerjakan satu persatu soal tersebut dong. Rekan semua bisa mengerjakan latihan di atas secara urut satu persatu karena soalnya belum disertai dengan jawaban.

Kalau ada yang sulit dan tidak yakin maka tinggal ditandai saja soalnya dan lanjut ke soal berikutnya. Setelah selesai, soal-soal yang tidak bisa dikerjakan bisa dibaca lagi dan dipahami lagi. Jika memang sama sekali tidak bisa dikerjakan maka selanjutnya kita harus membuka kembali catatan yang ada.

Soal Geografi Kelas X SMA MA

Selanjutnya kita pelajari materi pada soal yang tidak bisa kita kerjakan. Setelah itu kita bisa menjawab lagi soal tersebut. Dengan begitu harapannya kita bisa ingat dan paham jika menemukan soal yang sama. Itu saja latihan kali ini, selamat mengerjakan.