Soal tentang Menghargai Peran Tokoh Pejuang

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal tentang Menghargai Peran Tokoh Pejuang - belajar mengenai berbagai tokoh yang pernah berjuang demi Indonesia. Di kelas telah dijelaskan oleh bapak dan ibu guru. Di rumah kita harus belajar lagi. Membaca catatan dan berlatih soal mengenai materi tersebut.

Para tokoh pejuang kemerdekaanlah yang telah menghantarkan negeri tercinta ini bebas untuk menentukan arah. Wajar jika kita sebaiknya memberikan penghormatan dan rasa terima kasih kepada mereka. Salah satunya dengan mengenang jasa yang diberikan.

Salah satu wujud nyata yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengenang berbagai perjuangan yang telah dilakukan. Caranya yaitu dengan mempelajarinya di bangku sekolah. Untuk siswa sekolah dasar kelas 5 misalnya, akan mempelajari mengenai bab menghargai peran tokoh pejuang tersebut.

Latihan soal IPS kali ini akan membahas secara khusus materi tersebut agar kita dapat memahami dengan baik bagaimana sejarah perjuangan yang ada di Indonesia. Latihan kali ini tidak banyak, terdiri dari dua jenis soal saja yaitu soal isian dan juga soal esai.

Masing-masing soal IPS Kelas V tersebut terdiri hanya lima soal saja dan bisa digunakan untuk latihan uts atau ulangan harian khususnya pada semester 2.

Dengan memanfaatkan latihan contoh soal ips sd ini diharapkan adik-adik semua dapat mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Baiklah, supaya cepat mari kita mulai kerjakan latihan soal tersebut di bawah ini.

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar. 
  1. Pemimpin orang Portugis yang pertama kali datang ke Maluku adalah............. 
  2. Yang memimpin Demak menyerbu Portugis di Sunda Kelapa adalah......... 
  3. Maluku dipimpin...................ketika melawan VOC pada tahun 1635. 
  4. Aceh gagal mengusir Portugis, karena Portugis dibantu oleh................ 
  5. Kerajaan.............membantu VOC untuk memerangi kerajaan Gowa. 
Masih kuat kan? Bagaimana, bisa dikerjakan semua soal di atas? Tenang, tidak apa-apa jika ada soal latihan yang tidak bisa dikerjakan. Tugas kita adalah belajar dengan soal maka dari itu jika ada soal yang belum dimengerti kita harus mencari atau mempelajari jawabannya dengan membaca kembali buku cetak atau catatan yang kita miliki. Sekarang kita lanjut soal tentang tokoh pejuang tersebut dengan lima soal berikut.

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat! 
  1. Sebutkan kegunaan rempah-rempah? 
  2. Kapan dan dimana orang Belanda datang ke wilayah Indonesia yang kedua kalinya setelah diusir dari Bali? 
  3. Siapa gubernur jenderal VOC pertama kali? 
  4. Mengapa orang Eropa berubah keinginanya dari berdagang menjadi menjajah Indonesia? 
  5. Mengapa orang Banten mengusir kedatangan orang Belanda yang pertamakali? 

Setelah selesai mengerjakan 10 soal peran tokoh pejuang tersebut jangan lupa untuk mencari kunci jawaban yang tepat dengan membuka kembali berbagai buku pelajaran yang ada. Silahkan dikerjakan dengan teman lain dalam kelompok.


Selain itu kita bisa juga melakukan belajar kelompok dengan teman-teman lain di sekolah untuk mendiskusikan berbagai soal latihan di atas. Kalau sempat silahkan lanjut ke beberapa latihan lainnya yang sudah disiapkan di bagian bawah.