Contoh Soal UTS IPA SD Semester 2

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal UTS IPA SD Semester 2 - Kali ini kita akan berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian tengah semester atau yang sering kali dikenal dengan singkatan UTS. Latihan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu pelajaran penting yang harus kita pahami yaitu pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Jangan sampai salah, latihan ini merupakan soal latihan UTS untuk pelajaran IPA kelas 4 sekolah dasar. Meski begitu untuk kita yang ingin lebih pintar dalam pelajaran ini tentu bisa menggunakan latihan ini meski kita bukan siswa SD. Bagaimana, siap berlatih?

Soal yang akan kita gunakan untuk latihan ini akan terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah soal isian titik-titik dimana kita akan diminta melengkapi titik-titik pada suatu kalimat.

Pada bagian pertama kita akan berlatih dengan 10 soal latihan ipa. Bagian kedua adalah soal esai dimana kita akan diminta untuk memberikan uraian atas pertanyaan yang diberikan. Karena soal uraian maka jumlah soalnya tidak akan terlalu banyak yaitu hanya 5 soal esai.

Contoh soal essay IPA ini bisa kita gunakan untuk memperkuat pemahaman kita terhadap berbagai materi yang telah kita pelajari. Apalagi kalau kita belum begitu paham dengan materi yang diajarkan.

Meski total keseluruhan terdiri dari lima belas soal namun kita kerjakan satu persatu terlebih dahulu. Pertama mari kita kerjakan bagian romawi satu yang selengkapnya bisa kita kerjakan soalnya di bawah ini.

I. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1. Kuda menggerakkan delman dengan cara memberikan gaya berupa ...
2. Jika gaya ditambahkan pada benda bergerak, gerak benda makin ...
3. Telur yang di jatuhkan akan pecah. Menunjukan bahwa gaya dapat mengubah ..... benda. 
4. Jika besar gaya tidak mencukupi untuk menggerakkan benda, benda akan tetap ...
5. Apabila kita melempar bola ke atas maka bola tersebut akan kembali ke bawah. Karena gaya ....
6. Energi matahari di gunakan oleh tumbuhan dalam pembuatan makan pada proses .....
7. Cahaya matahari dapat merambat ke permukaan bumi dengan cara......
8. Gerak bolak balik yang melalui titik keseimbangan disebut.....
9. Setiap benda yang mengalami getaran dan menghasilkan bunyi disebut.....
10. Salah satu keunggulan dari energi alternatif adalah......

Bagaimana, apakah soal di atas bisa dikerjakan semua? Kalau bisa dikerjakan semua dan yakin benar itu berarti kita sudah menguasai materi pelajaran ini dengan baik. Selanjutnya kita bisa mengecek berbagai jawaban yang kita dapat untuk memastikan kebenarannya.

Sembari melihat jawaban yang benar kita bisa juga membaca lagi beberapa materi yang berkaitan dengan soal yang tidak bisa kita kerjakan.

Coba kita baca catatan yang ada dan coba temukan jawaban yang benar dan pahami, dengan begitu tujuan akhir latihan ini bisa tercapai dengan baik. Sekarang mari kita lanjutkan untuk latihan pada romawi kedua di bawah ini.

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Sebutkan jenis-jenis gaya berdasarkan sumber tenaga dari gaya tersebut?
2. Sebutkan 3 cara perpindahan panas?
3. Melalui perantara apa saja bunyi dapat merambat?
4. Sebutkan energi alternatif untuk sumber listrik?
5. Apa yang di maksud dengan Biogas dan jelaskan cara penggunaannya? 

Sekarang lengkap sudah latihan kita dengan contoh soal UTS IPA SD semester genap tersebut. Semoga dengan adanya latihan ini maka kita bisa lebih mengerti tentang berbagai materi yang sudah kita pelajari di sekolah.

Contoh Soal UTS IPA SD Semester 2

Jangan lupa, lain waktu sebaiknya kita latihan lagi dengan beberapa soal lainnya di bagian bawah. Ingat, semakin sering kita latihan maka akan semakin baik hasil belajar kita. Itu saja, selamat berlatih!