Soal Esai PKN tentang Sumpah Pemuda

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal Esai PKN tentang Sumpah Pemuda - Berikut ini kita akan belajar mengenai sumpah pemuda. Disini kita akan belajar dengan mengingat kembali beberapa poin tentang sejarah bangsa Indonesia melalui ringkasan materi yang secara khusus telah disiapkan.

Setelah mengingat kembali beberapa informasi dari materi pelajaran tersebut di bagian akhir kita akan berlatih dengan mengerjakan soal esai yang berjumlah 5 soal esai tentang sumpah pemuda. 

Latihan kali ini ditujukan untuk menambah bahan belajar khususnya untuk mata pelajaran PKn kelas 3 sekolah dasar. Dengan adanya latihan seperti ini diharapkan para siswa dapat lebih memahami tentang materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan tersebut.

Tentunya tidak lupa selain belajar menggunakan soal dan jawaban seperti ini kita juga harus sering-sering mempelajari kembali berbagai pelajaran yang telah di pelajari di sekolah. 

Ingat, pandai itu karena belajar, jangan sampai karena rasa malas maka kita menjadi anak yang bodoh apalagi sampai tidak naik kelas.

Makanya mumpung ulangan hariannya masih lama kita mulai belajar yang rajin agar mendapatkan nilai yang bagus dan tidak perlu bergantung dengan bocoran soal yang hanya membuat kita semakin bodoh. Ya sudah, sekarang mari kita kerjakan contoh soal ulangan PKN kelas 3 SD berikut!

A. Ringkasan Materi Sumpah Pemuda
Sebelum kita mengerjakan latihan soalnya mari kita pelajari sekali lagi beberapa hal penting yang berkaitan dengan materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan tersebut.

Dari rangkuman berikut kita akan mengingat kembali arti sumpah pemuda, bunyi sumpah pemuda dan juga tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa sumpah pemuda tersebut. Ringkasan materi selengkapnya sebagai berikut!

Arti kata Sumpah Pemuda
Sumpah artinya ikrar atau janji yang di ucapkan, sedangkan pemuda artinya orang-rang yang masih muda usianya. Jadi kalau disatukan artinya ikrar atau janji yang di ucapkan oleh orang-orang muda dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

Dalam arti yang sebenarnya sumpah pemuda mengandung makna janji yang di ucapkan oleh pemuda dan pemudi di indonesia pada masa pergerakan, tepatnya pada saat kongres pemuda II tanggal 28 oktober 1928.

Tujuan diadakannya sumpah pemuda yaitu untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk cita-cita mulia yaitu indonesia merdeka, bebas dari penjajahan, kemiskinan dan kebodohan. (Sumber: soal PKN kelas 3 SD)

Bunyi Sumpah Pemuda 
  1. Kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air indonesia. 
  2. Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia. 
  3. Kami putra dan putri indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia. 

Tokoh sumpah pemuda 
  1. Muhamad Yamin 
  2. Dr.Soetomo 
  3. Wahidin Sudirohusodo 
  4. Dr. Cipto Mangun Kusumo 
  5. Dr.Moewardi, dll 

B. Soal tentang Sumpah Pemuda
Bagaimana, sudah ingat lagi bukan tentang materi pelajaran PKn tersebut? Nah, itu berarti kini tiba giliran kita untuk menguji pemahaman dan ingatan kita terhadap beberapa materi yang telah kita pelajari di bagian atas. Mari kita kerjakan langsung beberapa soal esai berikut.

Jawablah soal dibawah ini dengan tepat! 
  1. Jelaskan tentang makna sumpah pemuda? 
  2. Kapan sumpah pemuda di laksanakan? 
  3. Sebutkan 5 tokoh pada peristiwa sumpah pemuda? 
  4. Sebutkan tujuan diadakannya sumpah pemuda? 
  5. Sebutkan bunyi sumpah pemuda?

Selesai sudah, sekarang kita sudah tahu apakah kita sudah paham atau belum dengan materi sumpah pemuda yang telah kita pelajari di sekolah.


Jangan lupa, setelah berlatih dengan Soal Esai PKN tentang Sumpah Pemuda ini kerjakan juga beberapa soal latihan PKn lain yang sudah disiapkan di bagian bawah. Ingat ya, jangan lupa bahwa semakin rajin berlatih maka kita akan semakin pandai.