Contoh Soal PKN tentang Pentingnya Harga Diri

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal PKN tentang Pentingnya Harga Diri - Harga diri diartikan kehormatan diri. Harga diri merupakan pendapat seseorang mengenai dirinya sendiri, terutama sesuatu yang kamu pikirkan tentang dirimu. Ada beberapa cara menjaga dan meningkatkan harga diri, yaitu: memiliki pendirian yang teguh, memiliki sikap tanggung jawab, membantu setiap orang dengan tulus.

Harga diri ditentukan oleh sikap dan tingkah laku dalam berbicara dengan orang lain, cara berpakaian, cara berpenampilan.

Harga diri adalah pandangan keseluruhan dari seseorang tentang dirinya sendiri. Setiap manusia memiliki harga diri, dan harga diri itu sangat penting bagi manusia.

Karena jika seseorang memiliki harga diri yang baik, maka akan dihargai dan dihormati orang lain. Sedangkan seseorang yang tidak memiliki harga diri yang baik, maka kurang dihargai dan dihormati orang lain.

Oleh karena itu kita harus mampu menjaga harga diri kita, agar banyak orang yang menghargai dan menghormati kita. Bentuk-bentuk harga diri yaitu menghargai diri sendiri dan menghargai orang lain. 

Menghargai diri sendiri 
Kita harus menghargai diri kita sendiri, sebelum orang lain menghargai kita. Banyak cara yang dapat kita untuk menghargai diri kita sendiri.

Salah satunya dengan melaksanakan kewajiban kita sebagai umat beragama, yaitu sholat lima waktu. Selain itu kita juga harus jujur dalam segala hal, bersikap sopan, taat pada peraturan yang berlaku, dan menghargai orang lain.

Kalau kita mampu melaksanakan hal-hal tersebut maka kita telah mampu menghargai diri sendiri dan menjaga harga diri kita sendiri. 

Menghargai orang lain 
Dalam kehidupan sehari-hari kita harus menghargai orang lain, baik menghargai orang tua kita, teman-teman kita, dan semua orang di sekeliling kita.

Dengan menghargai orang lain, orang lain juga akan menghargai kita. Salah satunya menghargai guru dengan cara memperhatikan pada saat guru menjelaskan di depan kelas.

Selain kita melaksanakan kewajiban kita menghargai orang lain, dengan memperhatikan guru kita juga dapat menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Jadi menghargai orang lain mempunyai banyak manfaat bagi kita.

Contoh Soal PKN tentang Pentingnya Harga Diri
Seperti juga ringkasan materi di atas, latihan ini merupakan contoh untuk soal ulangan PKN khususnya untuk soal ulangan semester 2 bagi siswa kelas 3 SD.

Bagi adik-adik sekolah dasar atau rekan guru yang membutuhkan referensi soal bisa menggunakan latihan soal berikut. Latihan ini merupakan soal esai yang terdiri dari 10 soal latihan, selengkapnya mari lihat berikut!

Simak pertanyaan dibawah ini, dan jawab dengan yang tepat! 
  1. Sebutkan pengertian harga diri? 
  2. Berikan 3 contoh perilaku yang mencerminkan harga diri baik? 
  3. Berikan 3 contoh perilaku tidak baik yang harus kita hindari agar harga diri kita baik? 
  4. Mengapa manusia disebut mahluk paling mulia? 
  5. Sebutkan harga diri baik dan harga diri tidak baik? 
  6. Apa keuntungan anak yang memiliki perilaku baik? 
  7. Jika kita ingin dihormati maka kita juga harus menghormati orang lain. Dengan cara seperti apa kita bersikap hormat kepada orang lain? 
  8. Sebutkan arti dari mahluk sosial? 
  9. Bagaimanakah cara menjaga harga diri? 
  10. Apa akibat jika kita tidak memiliki harga diri baik? 

Untuk menjawab pertanyaan di atas jangan lupa baca kembali buku cetak atau buku catatan yang dimiliki. Coba kita baca lagi mana yang masih ragu dan kurang paham. Kita gali lagi apa yang sudah diajarkan oleh bapak dan ibu guru.


Dengan mengingat dan mempelajari materi yang telah diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah maka kita akan lebih mudah untuk mengerjakan Contoh Soal PKN tentang Pentingnya Harga Diri tersebut. Itu saja, silahkan kerjakan juga beberapa soal lain di bagian bawah.