Soal Ujian Semester SBK Kelas 3 SD

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal Ujian Semester SBK Kelas 3 SD - Pelajaran seni budaya keterampilan adalah salah satu pelajaran yang wajib kita kuasai di sekolah dasar (SD). Pelajaran SBK tersebut juga penting untuk kita pahami oleh karena itu kita akan belajar soal kali ini dengan latihan untuk pelajaran tersebut.

Yang akan kita pelajari kali ini adalah contoh soal ujian semester SBK khususnya untuk adik-adik pelajar kelas 5 sekolah dasar. Dengan berlatih dengan latihan soal ini maka diharapkan berbagai materi yang sebelumnya telah kita pelajari bisa kita mengerti semua.

Latihan ini dapat kita kerjakan untuk persiapan ujian kenaikan kelas atau UAS khusus semester 2 akhir. Jadi selain kita rajin mempelajari berbagai catatan dan buku pelajaran yang ada kita sempatkan juga untuk berlatih dengan soal dan jawaban seperti ini.

Dengan berlatih kita bisa meningkatkan pemahaman sekaligus meningkatkan keterampilan kita dalam menjawab soal. Dengan begitu bisa tambah pintar dan hasil ulangan-nya lebih baik.

Pada bagian pertama kita akan berlatih dengan mengerjakan soal latihan sebanyak 10 soal. Soal tersebut merupakan soal isian dimana kita diminta untuk melengkapi kalimat yang ada titik-titiknya.

Kita harus mencari jawaban yang paling tepat untuk masing-masing soal tersebut. Pada bagian kedua kita akan diminta untuk mengerjakan soal esai yang berjumlah 5 soal latihan. Supaya waktu kita cukup mari langsung mulai mengerjakan Soal SBK Kelas 3 SD tersebut di bawah ini.

A. Isi titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang sesuai!
  1. Kerjakan juga contoh soal uas kelas 4 sd dan jawaban
  2. Warna merah merupakan simbol...
  3. Tari kecak berasal dari daerah...
  4. Lagu bubuy bulan berasal dari daerah...
  5. Dalam topeng, sifat keras hati digambarkan dalam warna...
  6. Dalam topeng, tokoh baik hati digambarkan dengan warna...
  7. Burung yang digunakan sebagai kendaraan oleh dewa wisnu adalah...
  8. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat mainan pesawat terbang adalah...
  9. Pada partitur lagu, tanda tempo dituliskan di sebelah...
  10. Orang yang memimpin sebuah pagelaran musik disebut...
  11. do-re-mi-fa-so-la-si-do disebut notasi...
Pada soal nomor 1 kita diminta untuk menjawab pertanyaan yaitu warna merah merupakan simbol apa. Di soal kedua kita ditanya tentang asal daerah tari kecak.

Soal ketiga kita ditanya asal daerah lagu bubuy bulan. Begitulah, untuk dapat menjawab soal maka pertama kita harus memahami bagaimana soal tersebut.

Kita harus mengetahui maksud soal dengan benar agar kita dapat lebih mudah menentukan jawaban yang benar. Sekarang mari kita lanjutkan ke soal bagian B di bawah ini.

B. Mari kita jawab pertanyaan dibawah ini dengan benar!
  1. Sebutkan 3 alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul?
  2. Tuliskan susunan tangga nada yang benar!
  3. Tuliskan 3 lagu daerah yang kamu ketahui beserta nama daerahnya?
  4. Apa yang dimaksud dengan seni rupa tiga dimensi?
  5. Sebutkan perlengkapan yang dipakai dalam tarian topeng?
Pada soal B nomor 1 kita diminta untuk menyebutkan tiga contoh alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul.

Kemudian pada soal nomor 2 kita diminta untuk menuliskan susunan tangga nada yang benar dan seterusnya. Mari kita kerjakan latihan tersebut dengan sungguh-sungguh agar kita bisa tahu seberapa jauh kemampuan kita.

Karena ini hanya latihan maka jika ada soal yang tidak bisa dijawab atau sulit maka selanjutnya kita harus segera membaca kembali materi pelajaran yang berhubungan dengan soal tersebut. Kita harus mencari tahu jawabannya yang benar kemudian mempelajarinya dan memahaminya.


Dengan begitu setelah berlatih dengan Soal Ujian Semester SBK Kelas 3 SD ini kita bisa lebih paham tentang berbagai materi pelajaran yang ada di soal latihan tersebut. Itu saja, untuk soal latihan lain silahkan lihat di bagian bawah!