Contoh Soal UAS PKN Kelas 2 SD

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kumpulan Contoh Soal UAS Pelajaran PKN Kelas 2 SD - Semester 2 sudah di pertengahan dan ini berarti sebentar lagi kita akan menghadapi ulangan kenaikan kelas. Kalau sudah mendekati ulangan atau semesteran seperti ini waktunya untuk lebih giat belajar dengan kembali mengingat berbagai pelajaran yang sudah di pelajari di sekolah bersama bapak dan ibu guru.

Kalau sudah belajar secara rutin saat mendekati ujian semester kita tinggal mengulang kembali berbagai pelajaran yang diajarkan agar kita tidak lupa. Untuk yang belajar nya kurang rajin maka latihan soal seperti ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman berbagai materi yang belum dipahami.

Pada kesempatan ini situs kumpulan soal dan jawaban kembali akan mengajak kita untuk berlatih dengan soal PKN SD Kelas 2. Soal-soal tersebut adalah contoh soal yang akan kita gunakan untuk latihan.

Latihan ini adalah agar kita lebih paham dengan materi pelajaran PKn yang sudah kita pelajari. Perlu di ingat, soal tersebut hanyalah soal latihan jadi bukan soal untuk ujian yang akan datang. Selain berlatih dengan soal tersebut tentunya kita tetap harus belajar rutin dan membaca kembali berbagai catatan yang ada.

Tentu saja ini bukan satu-satunya latihan yang ada di situs ini, disini kita bisa mendapatkan banyak lagi berbagai latihan yang kita butuhkan untuk belajar. Diantara soal latihan yang bisa kita kerjakan di situs ini antara lain sebagai berikut:

- Contoh soal pkn kelas 2 sd semester 1
- Contoh soal pkn kelas 1 sd kurikulum 2013
- Soal uas pkn kelas 6
- Soal uas pkn kelas 7 semester 1
- Contoh soal pkn kelas 8 semester 1
- Contoh soal pkn kelas 8 semester 1 beserta jawabannya

Banyak bukan latihan yang bisa kita gunakan? Maka dari itu wajar kalau di setiap pembahasan kita selalu diingatkan untuk mencatat alamat situs ini agar lebih mudah dalam mencari berbagai soal sehari-hari yang kita butuhkan. Sekarang langsung kita lihat sedikit penjelasan di bawah!

Selain yang akan kita pelajari kali ini ada juga soal latihan untuk pelajaran pendidikan kewarganegaraan khusus untuk kelas 2 Sd yaitu yang untuk semester 1. Berbeda dengan yang akan kita kerjakan nanti. 

Pada latihan tersebut kita akan belajar latihan-latihan dari berbagai materi pkn di semester 1. Tidak berbeda jauh dengan yang akan kita kerjakan, latihan tersebut juga akan terdiri dari soal isian dan juga soal esai.

Ada juga soal PKn untuk kelas 1 sekolah dasar yang berdasarkan pada kurikulum 2013. Latihan tersebut juga akan memberikan kita berbagai contoh soal yang bisa kita kerjakan untuk meningkatkan pemahaman kita dari berbagai materi yang sudah di pelajari sebelumnya di sekolah.

Nah, untuk yang ini kita akan belajar untuk persiapan ujian akhir sekolah untuk kelas 6. Seperti kita tahu, di akhir semester 2 kelas 6 SD akan menghadapi ujian kelulusan. Ujian tersebut akan menentukan lulus tidaknya kita dari sekolah dasar.

Jika lulus maka kita akan melanjutkan ke sekolah smp dan jika tidak itu berarti kita akan mengulang. Supaya lulus maka kita harus rajin belajar dengan berbagai buku catatan, buku cetak dan juga latihan soal.

Kalau yang ini kita akan belajar latihan untuk pelajaran PKN SMP yaitu kelas 7 semester 1 atau kelas 1 smp. Disini kita juga akan berkesempatan untuk menguji pemahaman kita terhadap berbagai materi yang sudah di pelajari sebelumnya.

Lanjutan dari soal sebelumnya, yang ini akan berisi latihan untuk kelas 2 smp yaitu kelas 8 semester 1. Juga sama dengan lainnya kita akan diberikan beberapa latihan yang harus kita kerjakan dengan baik. Dengan mengerjakan soal tersebut nantinya kita bisa tahu mana materi yang kita pahami dan mana yang tidak.

Masih dengan soal SMP yang ada disini adalah latihan untuk kelas 2 smp khusus semester 1. Latihan ini sesuai dengan judulnya akan disertai dengan kunci jawabannya langsung. Kalau dilengkapi dengan jawaban maka ini dapat kita gunakan untuk meningkatkan pemahaman dari berbagai materi yang sudah di pelajari di sekolah. 

Di atas kita sudah membahas panjang lebar mengenai berbagai latihan yang bisa kita dapatkan di situs atau website ini. Sekarang kembali ke inti, kita akan mengerjakan langsung berbagai latihan yang sudah kita butuhkan.

Soal-soal berikut adalah contoh soal latihan yang bisa kita gunakan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kita dalam menjawab soal dari materi PKn yang dipelajari. Selengkapnya mari kita kerjakan latihan tersebut di bawah ini.

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang paling benar!
  1. Tugas dari pimpinan musyawarah adalah....
  2. Ketika waktu istirahat sekolah sebaiknya kita berada di.....
  3. Rambu-rambu lalu lintas sangat berguna untuk....
  4. Kalau kita berbuat salah maka kita harus meminta....
  5. Gotong royong adalah pekerjaan yang dilakukan secara....
  6. Wasit adalah orang yang memimpin.....
  7. Kalau tidak jujur kita akan................teman.
  8. Untuk melindungi kepala dan menaati peraturan lalu lintas pengendara sepeda motor menggunakan....
  9. Berkata yang sebenarnya berarti .......
  10. Jika sebuah pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama maka akan cepat...
  11. Orang yang bertugas di pos siskamling disebut....
  12. Ronda malam berguna untuk menjaga..............lingkungan.
  13. Zebra Cross tempat untuk.........
  14. PR sebaiknya dikerjakan di.........
  15. Berani karena benar, takut karena........
  16. Kalau ada teman yang bersedih, sebaiknya kita..........
  17. Menolong orang yang sedang kesusahan merupakan contoh perbuatan......
  18. Orang yang bersalah biasanya akan dikenakan......
  19. Tentara tugasnya menjaga keamanan......
  20. Kelompok kerja di kelas disebut.......
Kalau kita sudah menyelesaikan 20 soal di atas sekarang kita lanjutkan contoh Soal UAS pelajaran PKN ini ke bagian B yaitu soal esai. Pada soal berikut masih ada 10 soal esai yang harus kita kerjakan dengan baik. Langsung saja mari kita kerjakan latihan-latihan di bawah ini.

B. Jawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Siapa yang bertanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan sekolah?
  2. Berikan contoh pekerjaan di lingkungan masyarakat yang biasa dikerjakan bersama-sama?
  3. Sebutkan bagian-bagian kelas yang perlu dibersihkan?
  4. Apa kepanjangan dari SISKAMLING?
  5. Berikan 3 contoh pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah?
  6. Berikan 3 contoh rambu-rambu lalu lintas?
  7. Berikan 3 contoh peraturan di kelas yang harus ditaati?
  8. Apa manfaat gotong royong dilingkungan masyarakat?
  9. Sebutkan tugas polisi?
  10. Sebutkan kegunaan dari Zebra Cross?
Jangan lupa, kalau sudah selesai mengerjakan berbagai Contoh Soal UAS PKN Kelas 2 SD tersebut kita harus membaca kembali buku catatan pelajaran yang ada untuk mempelajari berbagai soal yang tidak dapat kita kerjakan.

Contoh Soal UAS PKN Kelas 2 SD

Dengan begitu kita bisa memahami berbagai materi pelajaran yang ada dan juga melatih keterampilan kita dalam menjawab soal. Silahkan lanjutkan sampai selesai. Kalau sudah jangan lupa pelajari juga beberapa latihan lain dibagian bawah.