Contoh Soal Remidial Biologi SMA dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Remidial Biologi SMA - Hari ini kita akan belajar dari sebuah latihan soal yang khususnya dapat digunakan untuk memperdalam materi dari pelajaran Biologi SMA. Latihan kali ini kita akan mengerjakan Soal Remidial Biologi SMA yang sudah dilengkapi dengan jawabannya sekaligus.

Selain kunci jawaban, pada latihan ini juga disertakan juga pembahasan dari masing-masing soal. Pada kesempatan ini yang akan kita pelajari adalah dua jenis soal sekaligus yaitu untuk soal pilihan ganda dan untuk soal esai.

Semua sudah dikerjakan dan diberi pembahasan sehingga kita bisa lebih mudah mendalaminya. Perlu diingat, soal dan jawaban yang diberikan disini tentunya mungkin tidak sempurna dan tidak semuanya benar.

Yang perlu kita lakukan adalah mempelajari Contoh Soal Remidial Biologi SMA tersebut dan menemukan jawabannya sendiri.

Contoh Soal Remidial Biologi SMA dan Jawaban
Dari latihan 3 halaman 27-29 (pilihan ganda-esai) Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI

A. Pilihan Ganda
1. Pernyataan yang tepat mengenai transport aktif yaitu...
Jawab: E. Transpor aktif memerlukan sejumlah energy
Alasan: karena pada transpor aktif, transport molekul atau ion melawan gradient konsentrasi, sehingga   pada pergerakan molekul , transpor aktif memerlukan sejumlah energy

2. Peristiwa perpindahan molekul seperti pada gambar (LKS) di sebut…………
   Jawab: E. Difusi terbantu
Alasan: Karena pada difusi terbantu,proses difusi yang berlangsung memerlukan bantuan protein pembawa dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.molekul yang melewati membran secara difusi terbantu yaitu molekul-molekul berukuran besar.pernyataan berikut bias terlihat pada gambar

3. Peristiwa yang termasuk dalam transport pasif  di tunjukan oleh nomor ( LKS)………….
Jawab: B. 1),2),Dan 5)
Alasan: karena transport pasif merupakan perpindahan molekul atau ion mengikuti gradient konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.pada saat terjadi,molekul akan menyebar ke seluruh ruangan sampai tercapai ke seimbangan

4. Sel darah merah yang berada dalam larutan gula konsentrasi tinggi lama kelamaan akan mengalami krenasi. Peristiwa tersebut terjadi karena ...
Jawab: 
B. Cairan sel bersifat hipertonik terhadap larutan gula sehingga air keluar dari sel
Alasan: karena krenasi  hanya dapat terjadi pada saat  peristiwa eksosmosis, sementara itu, terjadinya eksosmosis ketika konsentrasi larutan di luar sel (hipertonik), sehingga air di dalam sel akan keluar sel

5. Transpor  melalui  membran yang memiliki cirri-ciri di (LKS) adalah……
Jawab:A. Difusi
Alasan: karena difusi adalah perpindahan molekul zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah .perpindahan molekul pada difusi dapat terjadi melalui membrane plasma ataupun tidak.

6. Pernyataan yang tepat berdasarkan hasil percobaan yaitu………….
Jawab: Cairan dalam sel pada gambar 1 bersifat isotonik terhadap gula di luar sel.
Alasan: karena larutan isotonic ialah larutan dimana jumlah konsentrasi sama banyak dengan jumlah larutan gula /air.sehingga H2O dapat keluar masuk.

7. Kelenjar  dinding lambung berfungsi menyekresi getah lambung . getah tersebut di gunakan dalam proses pencernaan secara kimiawi dalam lambung . getah lambung akan di keluarkan oleh kelenjar dinding lambung secara…………..
Jawaban d. Eksositosis
Karena  eksositesis merupakan pengeluaran zat dari dalam sel. Peristiwa eksositosis  melibatkan vesikula. Vesikula transpor yang terlepas dari badan golgi dipindahkan oleh sitoskelaton ke membran plasma,  pada saat membran plasma dan vesikula bertemu , molekul molekul lipit bilayer menyusun ulang lapisan membran baru sehingga kedua membran bergabung. Selanjutnya zat zat dalam vesikula keluar dari sel

8.Contoh protein yang mendukung pengaturan aktifitas sel di tunjukan oleh nomor………….
Jawab: B. 1). 4), dan 5)
Alasan: karena contoh protein tersebut termasuk dalam contoh protei structural.protein structural merupakan protein yang berfungsi untuk membentuk struktursel ,misalnya membentuk sitoskeleton dan membrn plasma.

9. Tahap terminasi pada tranlasi RNA di tandai dengan …….
Jawab: E. ribosom mencapai kodon UGA
Alasan: karena pada tahap terminasi pada translasi  RNA .pada tahap ini elongsi berakhir ketika ribosom mencapai kodon UAA,UAG,atau UGA kodon tersebut berfungsi memberi sinyal untuk menghentikan translasi  (stop kodon)

10.kompleks inisiasi transkripsi tersusun dari komponen……….
Jawab: E. RNA polymerase dan factor transkripsi
Alasan: karena kompleks transkripsi tersusun atas RNA dan faktor transkripsi

Tidak semuanya ya, sebenarnya masih ada beberapa soal selanjutnya untuk yang pilihan ganda ini namun sementara kita sampai pada soal nomor 10 saja. Sekarang Soal Remidial Biologi dan Jawaban ini akan kita lanjutkan pada soal esai. Selengkapnya untuk latihan soal esai tersebut sebagai berikut.

B. Kerjakan Soal Soal Berikut!!
1.    Jelaskan faktor faktor yang mempengaruhi difusi!
Jawab : 
A. Konsentrasi zat 
Semakin besar konsentrasi antara dua zat maka laju difusi-nya semakin cepat.
B. Suhu
Kenaikan suhu mengakibatkan molekul bergerak lebih cepat.pergerakan molekul yang cepat mengakibatkan laju difusi yang cepat pula.oleh karena itu laju difusi berbanding lurus dengan kenaikan suhu.
C. Ukuran molekul
Molekul yang berukuran kecil cepat melewati membran dari pada molekul yang berukuran besar
D. Wujud zat
Zat padat lebih lambat berdifusi daripada zat cair dan gas.

2. Apa yang terjadi jika eritrosit dimasukan ke dalam larutan gula berkonsentrasi tinggi?
Jawab :  
Eritrosit atau sel darah merah jika di masukan kedalam larutan gula berkonsentrasi tinggi lama kelamaan akan mengalami krenasi. Karena eritrosit bersifat hipertonik terhadap larutan gula sehingga air keluar dari sel.

3. Perhatikan gambar berikut !
Jelaskan mekanisme transpor melalui membran seperti yang di tunjukkan oleh gambar di atas!!

Jawab :
Gambar mekanisme transpor diatas merupakan FAGOSITOSIS. Karena gambar tersebut sama dengan gambar fagositosis. Fagositosis yaitu proses memakan benda padat. Sel menelan suatu partikel dengan pseudopodia yang mengelilingi partikel.

4. Pada percobaan osmosis sel tumbuhan, disiapkan dua potongan melintang batang kangkung yang diiris tipis. Potongan A direndam dalam larutan sukrosa 15%. Potongan B direndam dalam akuades. Kedua potongan melintang batang kangkung tersebut direndam selama 1 menit. Selanjutnya, dilakukan pengamatan terhadap bentuk sel batang kangkung.                                                  
a. Gambarkan bentuk sel yang teramati pada potongan batang A dan B!

Jawab :
b. Apakah peristiwa yang terjadi pada kedua potongan batang kangkung tersebut? Potongan  A yang direndam larutan sukrosa akan mengkerut (hipertonik) karena air dalam batang    kangkung keluar kedalam larutan sukrosa. Sedangkan, potongan B yang direndam dalam akuades akan mengembung (hipotonik) karena air akuades akan menyerap ke dalam kangkung.

Jawab :
c. mengapa bentuk sel kedua potongan batang kangkung tersebut berbeda? Karena batang kangkung yang A mengkerut (hipertonik) dan yang B mengembung (hipotonik).
Jawab :

5.    Jelaskan hubungan antara sintesis protein dengan struktur sel!
Jawab : Hubungan antar sintesis protein dan struktur sel jelas sangat erat karena sintesis protein melewati dua tahap yang masing-masing tahap terjadi di dalam nucleus (transkripsi) dan terjadi dalam ribosom (translasi).


Selesai sudah, sekarang dengan Contoh Soal Remidial Biologi SMA dan Jawaban ini mudah-mudahan kita memiliki tambahan referensi belajar lagi. Jangan lupa coba juga beberapa soal latihan lainnya di bagian bawah.