Contoh Soal Komputer Fungsi Logika

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Advertisement
Contoh Soal Komputer Fungsi Logika - Hari ini kita akan berlatih lagi dengan satu jenis latihan lagi yaitu untuk pelajaran komputer atau TIK. Latihan ini untuk memperdalam pemahaman kita mengenai salah satu pokok bahasan yaitu fungsi logika. Soal ini bisanya paling sulit dan banyak yang tidak suka padahal sebenarnya soal ini cukup mudah. Memang untuk modal kita harus memahami mengenai materi komputer tentang fungsi logika terlebih dahulu baru bisa dengan mudah mengerjakan soal seperti ini.

Jadi, modalnya kita harus belajar terlebih dahulu mengenai materi ini, setelah itu kita bisa berlatih menguji kemampuan dan ingatan kita akan materi tersebut. Dengan berlatih menggunakan Soal Komputer Fungsi Logika tersebut maka diharapkan kita bisa lebih paham mengenai tema tersebut. Materi komputer yang satu ini kegunaannya sangat penting, dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menggunakan pengetahuan ini untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan kantor kita.

Sebelum berkutat dengan soal dan jawaban mari kita ingat kembali materi soal yang akan kita kerjakan. Seperti kita tahu, Fungsi Logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyatakan kondisi benar atau salah. Fungsi logika membantu kita untuk menyelesaikan masalah-masalah yang bersifat non-numerik. Fungsi ini bersifat kualitatif, misal : ya-tidak, lulus-tidak lulus, baik-buruk, dan lain-lain.

Fungsi IF
Fungsi ini berguna untuk mengikuti suatu isi sel apakah berisikan nilai yang memenuhi kriteria atau tidak memenuhi kriteria. Pada jendela IF, isian Logical test adalah alamat sel yang akan diuji beserta kondisi yang ditentukan, value_if_true adalah nilai yang diberikan apabila sel memenuhi kriteria, value_if_false adalah nilai yang diberikan apabila sel tidak memenuhi kriteria.

Fungsi OR
Fungsi OR adalah fungsi yang digunakan untuk membandingkan dua atau lebih kalimat logika.
Cara penulisan : =OR(perbandingan1;perbandingan2; …)
Contoh : =OR(A5="A";B5="B";C5="C")
Dibaca : A5=A atau B5=B atau C5=C
Fungsi ini akan menghasilkan nilai “TRUE” bila salah satu atau semua pernyataan bernilai benar, dan akan bernilai “FALSE”, bila semua pernyataan bernilai salah.

Dari fungsi diatas akan menghasilkan nilai “TRUE”, karena:
Penyataan ke-1, “1+1=2 (TRUE), Penyataan ke-2, “2+2=4 (TRUE).

Dari fungsi diatas akan menghasilkan nilai “TRUE”, karena:
Penyataan ke-1, “1+1=4 (FALSE), Penyataan ke-2, “2+2=4 (TRUE).

Dari fungsi diatas akan menghasilkan nilai “FALSE”, karena:
Penyataan ke-1, “1+1=4 (FALSE), Penyataan ke-2, “2+2=2 (FALSE).

Fungsi AND
Fungsi ini digunakan untuk memperbandingkan dua buah data atau lebih. Proses dilaksanakan jika semua data dipenuhi.
Cara penulisan : AND(perbandingan1;perbandingan2; …)
Contoh : AND(C7=A dan D6=5000)
Dibaca : C7=A dan D6=5000

Fungsi NOT
Fungsi ini digunakan untuk mencari kebalikan (negation)dari suatu perbandingan.
Cara penulisan : =NOT(perbandingan)
Contoh : =NOT(FALSE) = TRUE
Dibaca : Bukan salah, berarti benar


Jadi fungsi logika digunakan untuk menyatakan pernyataan yang mengandung nilai benar atau salah, membandingkan dua kalimat atau lebih, dan mencari kebalikan dari suatu perbandingan.

Tidak ada salahnya, sedari masih belajar di sekolah atau kuliah kita benar-benar belajar serius mengenai pelajaran tersebut. Di kemudian hari ilmu ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Dari pada kelamaan lebih baik kita langsung saja berlatih menggunakan Contoh Soal Komputer Fungsi Logika tersebut. Berikut soal latihan komputer tersebut selengkapnya.

Contoh Soal Komputer Fungsi Logika
1 Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
  1. =Left(X,N) merupakan rumus…
  2. =Mid(X,M,N) merupakan rumus untuk…
  3. =Right(X,N) merupakan rumus untuk…
  4. Fungsi Vlookup dan Hlookup digunakan untuk…
  5. Tuliskan rumus Vlookup dan Hlookup
Website atau situs soal dan jawaban untuk kali ini memang tidak menyediakan pembahasan langsung untuk latihan ini. Hal ini disebabkan karena memang inti dari latihan kali ini adalah untuk mengukur kemampuan kita dalam mengerjakan soal yang ada. Kalau sudah selesai dengan yang di atas sekarang kita lanjutkan beberapa latihan berikutnya di bawah ini.

2. Buatlah Daftar Gaji PT. ABC di bawah ini.
Contoh Soal Komputer Fungsi Logika
3. Gaji pokok diperoleh dari rumus :
– Jika Gol A, maka Gaji Pokoknya 1000000
– Jika Gol B, maka Gaji Pokoknya 800000
– Jika Gol C, maka Gaji Pokoknya 500000

4. Tunjangan diperoleh dari rumus :
– Jika Status Nikah, maka Tunjangannya 250000
– Jika Status Belum, maka Tunjangannya 50000

Kalau sudah selesai mengerjakan Contoh Soal Komputer Fungsi Logika tersebut tentunya kita dapat menyimpulkan seberapa jauh pemahaman kita terhadap materi pelajaran komputer tersebut. Dengan begitu kita bisa mengetahui bagian mana yang belum dipahami sehingga kita dapat mempelajari kembali supaya lebih paham.