Contoh Soal IPA Ujian Akhir Semester 2 Kelas 4 SD [Essai]

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal IPA Ujian Akhir Semester 2 Kelas 4 SD - Semester 1 telah dilalui dengan sukses dan kini semester dua sudah ada di ujung, saatnya mulai mempersiapkan latihan-latihan untuk ujian kenaikan kelas.

Mengulang pelajaran yang diberikan, berlatih dengan soal dan menguji kemampuan dengan contoh ujian pastinya akan memberikan kita persiapan yang mantap dalam menghadapi ujian kenaikan kelas.

Untuk soal dan jawaban edisi semesteran kali ini kita akan uji nyali dan uji kebolehan dengan beberapa soal latihan ujian semester yaitu untuk contoh soal IPA SD semester 2 yang secara khusus dipersembahkan untuk adik-adik siswa pelajar kelas 4 SD.

Diharapkan dengan dampingan berlatih seperti ini hasil yang didapat saat ujian kenaikan kelas bisa lebih maksimal lagi.

Seperti apakah soal yang akan digunakan sebagai latihan? Tidak seperti biasanya, latihan kali ini hanya terdiri dari satu jenis soal saja yaitu soal essay.

Meski cuma satu tipe soal tapi jangan khawatir, latihan ini cukup untuk menguji kemampuan adik-adik dalam menguasai materi yang diberikan oleh guru di sekolah.

Selain untuk referensi belajar bagi rekan pelajar, jika ada rekan guru yang membutuhkan contoh soal khususnya untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) SD bisa juga menggunakan latihan ini sebagai bahan soal.

Terakhir, perlu diingatkan bawah soal berikut tidak disertai dengan jawaban, jadi bagi yang mencari Soal IPA Semester 2 dan Jawaban bisa menggunakan soal lain yang ada di bagian akhir tulisan ini. Supaya tidak terlalu lama, bagi yang sudah siap berlatih, silahkan kerjakan soal IPA Kelas 4 Ujian akhir semester 2 berikut!


Contoh Soal IPA Ujian Akhir Semester 2 Kelas 4 SD
  1. Jelaskan dengan menggunakan contoh bahwa gaya dapat mengubah arah gerak benda? 
  2. Jelaskan cara yang bisa kita lakukan untuk membuat benda yang diam menjadi bergerak? 
  3. Jelaskan sifat-sifat bunyi yang kalian ketahui? 
  4. Mengapa kita harus berusaha membuat energi alternatif? 
  5. Sebutkan energi alternatif yang kalian ketahui? 
  6. Jelaskan perubahan energi pada benda berikut: 
    • dinamo 
    • setrika listrik
    • kipas angin
    • televisi 
  7. Jelaskan dampak negatif penggunaan bahan bakar minyak bumi bagi lingkungan?
  8. Berikan alternatif energi selain minyak bumi? 
  9. Apa yang dimaksud dengan erosi? 
  10.  Jelaskan manfaat energi angin? 
  11. Jelaskan pengaruh musim pada mahluk hidup? 
  12. Sebutkan contoh-contoh mineral?
  13. Jelaskan perbedaan bahan dasar pembentuk minyak bumi dan batu bara?
  14. Jelaskan pengaruh gelombang laut pada permukaan daratan?
  15. Jelaskan pengaruh kemarau panjang pada lingkungan?
  16. Sebutkan akibat badai pada kenampakan daratan?
  17. Apa yang dimaksud dengan rasi bintang?
  18. Jelaskan perbedaan bulan dan bintang?
  19. Sebutkan akibat erosi tanah pada lingkungan?
  20. Sebutkan pemanfaatan energi panas bumi?

Bagaimana dengan 20 soal ipa tersebut, bisa dikerjakan semua bukan? Pastinya dong... Nah ini untuk lebih memaksimalkan latihan yang sedang dilakukan.

Adik-adik semua bisa mencari beberapa soal lain seperti misalnya soal uas ipa kelas 4, soal uas kelas 4, soal uas semester genap, soal ukk sd, soal-soal uas sd, dan berbagai latihan yang dibutuhkan hanya di website ini.


Pastikan dengan mempelajari Contoh Soal IPA Kelas 4 SD di atas adik-adik semua bisa mengetahui materi mana yang belum dikuasai dan mana yang sudah.

Untuk yang belum dikuasai silahkan dipelajari lagi buku pelajarannya atau bisa belajar kelompok dengan rekan lainnya. Ingat, belajar dengan soal dan jawaban akan lebih baik dari pada anda mencari bocoran soal. Itu saja, selamat mengerjakan!