Soal Jajarangenjang Matematika SD Kelas 4

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal Cerita Jajar Genjang Matematika SD Kelas 4 - Berikut ini adalah soal latihan ulangan yang di khususkan untuk adik-adik sekolah di mana saja berada. Latihan ini untuk pelajaran Matematika SD khususnya siswa kelas 4. Mau ikutan belajar?

Bentuk soalnya adalah soal cerita tentang keliling dan luas, dengan sub materi jajar genjang. Silahkan dikerjakan di bawah ini! Perlu diingat, untuk meningkatkan pemahaman akan lebih baik jika kita berlatih mengerjakan soal dari pada kita berharap mendapatkan bocoran soal atau contekan.

Jika sering berlatih kita akan lebih mahir dalam menjawab soal dan juga tentunya lebih paham dengan materi yang diberikan. Buka buku pelajarannya, pelajari materinya, cari latihan soal di website ini dan kerjakan dengan baik. 

Soal Cerita Jajarangenjang Matematika SD Kelas 4
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  1. Aku mempunyai selembar kertas berukuran 15 cm x 15 cm. Kertas itu kulipat menurut salah satu garis diagonalnya. Berapa luas permukaan kertas yang ku lipat? 
  2. Budi membuat cetakan kue berbentuk jajarangenjang dengan alas 14 cm dan tinggi 9 cm. Pada alas cetakan harus di olesi mentega agar tidak lengker. Berapa luas permukaan yang harus di olesi mentega tersebut? 
  3. Pak Tagor mempunyai 8 petak sawah berbentuk jajarangenjang. Setiap petak sawah tersebut ukurannya sama, yaitu alas 8 m dan tinggi 6 m. Berapakah luas semua sawah Pak Tagor? 
  4. Tina membuat jajarangenjang kawat. Panjang alasnya 33 cm dan sisi miringnya 21 cm. Berapa kawat yang di butuhkan Tina? 
  5. Suatu jajarangenjang memiliki alas 27 cm dan tinggi 19 cm. Berapa luas jajaran genjang tersebut? 
  6. Kamu mempunyai selembar kertas berukuran 30 cm x 30 cm. Kertas itu kulipat menurut salah satu garis diagonalnya. Berapa luas permukaan kertas yang ku lipat? 
  7. Bapakmu membuat cetakan kue berbentuk jajarangenjang dengan alas 24 cm dan tinggi 19 cm. Pada alas cetakan harus di olesi mentega agar tidak lengker. Berapa luas permukaan yang harus di olesi mentega tersebut? 
  8. Pak Tani mempunyai 10 petak sawah berbentuk jajarangenjang. Setiap petak sawah tersebut ukurannya sama, yaitu alas 12 m dan tinggi 8 m. Berapakah luas semua sawah Pak Tagor? 
  9. Tina membuat jajarangenjang kawat. Panjang alasnya 30 cm dan sisi miringnya 18 cm. Berapa kawat yang di butuhkan Tina? 
  10. Suatu jajarangenjang memiliki alas 37 cm dan tinggi 29 cm. Berapa luas jajaran genjang tersebut? 
Sementara hanya beberapa soal saja yang bisa diberikan, lain waktu akan kita tambah lagi koleksi soal cerita pelajaran Matematika khusus untuk adik semua. Silahkan dikerjakan dan jangan lupa lihat latihan lainnya di bagian bawah, kumpulan soal matematika sd kelas 4 semester 1, soal ulangan sd!


Lain waktu kita akan membahas lagi berbagai soal cerita lain dengan materi berbeda. Soal jajar genjang tersebut bisa digunakan untuk berlatih mengukut pemahaman. Kalau bisa dikerjakan semua berarti sudah paham. Kalau belum maka perlu belajar lagi ya.