Contoh Soal Latihan UKG Online 2013

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Beberapa uraian sebelumnya kita telah membahas contoh-contoh soal uji kompetensi dan sekarang saya akan berbagi latihan soal online untuk ukg tahun 2013. Dapatkan info penting soal latihannya di “Contoh Soal Latihan UKG Online 2013” berikut.

Manfaat Latihan Soal Online

Sebagaimana kita semua ketahui, dalam mengikuti sebuah test akan lebih baik jika kita memiliki gambaran tentang bagaimana pelaksanaan test yang akan diikuti dan bagaimana soal-soal yang mungkin saja harus kita kerjakan. Untuk itulah kita harus pandai-pandai memanfaatkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan hal tersebut termasuk diantaranya mencari tahu bagaimana test sebelumnya dilaksanakan dan bagaimana tipe-tipe soal yang harus dikerjakan.

Contoh yang dapat kita ambil adalah media belajar online yang banyak kita jumpai di internet. Media ini khususnya media latihan soal online memberikan banyak manfaat bagi mereka yang mencoba dan mempelajarinya. Beberapa manfaat yang didapat dari mempelajari latihan soal online ini antara lain sebagai berikut:
  1. Memberikan gambaran tentang pelaksanaan test sejenis yang telah diselenggarakan sebelumnya
  2. Memberikan gambaran tentang pelaksanaan test yang akan dilakukan
  3. Memberikan informasi mengenai kemungkinan tipe-tipe atau jenis-jenis soal yang mungkin saja akan dihadapi.
  4. Sebagai wahana untuk mengasah keterampilan dan menguji kemampuan dibidang yang akan diuji
  5. Meningkatkan rasa percaya diri
Beberapa manfaat tersebut di atas jelas dirasakan bagi mereka yang banyak berlatih dengan soal latihan terutama yang berkaitan dengan penyelenggaraan test sebelumnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya rekan guru yang sedang mempersiapkan diri mengikuti test untuk mencoba memanfaatkan media online ini untuk latihan soal.

Cuplikan Soal UKG Online 

Berikut adalah gambaran mengenai soal online untuk guru mata pelajaran penjaskes akan disertakan sebagai cuplikan seperti berikut ini. Cuplikan soal ini diambil dari penyedia soal latihan online tahun 2013, berikut soal tersebut.

1. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
Jawaban A
Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.

Jawaban B
Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.

Jawaban C
Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.

Jawaban D
Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.

Jawaban E
Tidak ada jawaban

Jika rekan guru mengakses soal ukg online, yang akan didapatkan bukan hanya cuplikan soal seperti diatas akan tetapi rekan guru akan mendapatkan sebuah simulasi test ukg yang dirancang sesuai dengan test ukg tahun lalu. Jadi, tidak ada salahnya dari cuplikan diatas diselusuri lebih dalam untuk memaksimalkan persiapan test yang akan dilaksanakan.

Link Latihan Soal UKG Online 2013 

Rekan guru yang hendak mempelajari soal latihan untuk persiapan ukg yang akan datang dapat memanfaatkan beberapa tautan (link) yang menyediakan latihan soal secara online.

Beberapa latihan soal yang dapat diakses langsung secara online (Latihan UKG Online Interaktif) antara lain sebagai berikut.

Contoh Soal UKG Online Penjaskes SD 2013 
http://ukgonline.com/soal/online/sd/penjaskes-44/2013.html

Contoh Soal UKG Online Taman Kanak-Kanak (TK) 2013
http://ukgonline.com/soal/online/sd/taman-kanak-kanak/2013.html

Contoh Soal UKG Online Bahasa Indonesia SMP 2013
http://ukgonline.com/soal/online/smp/bahasa-indonesia/2013.html

Contoh Soal UKG Bahasa Inggris SMP 2013
http://ukgonline.com/soal/online/smp/bahasa-inggris/2013.html

Meski format tampilan soal bisa saja berbeda pada saat rekan guru mengikuti uji kompetensi yang sesungguhnya, tetapi paling tidak tampilan contoh uji kompetensi secara online sama persis dengan tampilan UKG 2012.