Soal Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel Terbanyak

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Advertisement
Rangkaian seri dan rangkaian paralel merupakan materi pelajaran fisika yang menurut saya sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itulah saya pribadi menyarankan kepada rekan pelajar untuk benar-benar memahami materi ini. Sebagai bahan latihan berikut kita bahas mengenai soal rangkaian seri dan rangkaian paralel terbanyak yang dapat dipelajari dirumah guna mempertajam pemahaman kita mengenai materi fisika ini.

Untuk contoh yang akan ditampilkan dalam latihan kali ini tidak akan diberikan langsung banyak karena hanya akan membingungkan dan membuat kita pusing sebelum belajar. Untuk itu yang akan disertakan pada latihan kali ini hanya lima buah soal. Soal latihan tersebut sudah dilengkapi dengan jawaban atau pembahasan soal langsung jadi pertama kita dapat mempelajari soalnya dan memahami kunci jawaban yang diberikan. 

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya saya juga telah membahas soal tentang listrik, jika rekan berminat mempelajari latihan tersebut silahkan lihat melalui pembahasan berikut Soal Listrik Statis dan Dinamis.

Contoh Soal Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel Terbanyak

Karena saya akan membahas soal yang lumayan banyak maka berikut ini akan saya sajikan beberapa contoh untuk dilihat sebelumnya. Berikut beberapa contoh soal tersebut.

1. Apa yang dimaksud dengan hambatan disusun secara seri?
Jawab:
Hambatan seri adalah hambatan-hambatan yang disusun secara berurutan.

Pertanyaan pada soal nomor satu di atas mengharuskan kita untuk menjabarkan definisi atau pengertian dari hambatan yang disusun secara seri. Maka dari itu jawabannya bisa langsung ke pengertian hambatan seri atau ditambah dengan penjelasan yang lebih baik.

2. Delapan buah resistor masing-masing 2Ω, 3 Ω, 4 Ω, 5 Ω, 6 Ω, 7 Ω, 9 Ω dan 12 Ω. Terpasang secara seri. Tentukan hambatan totalnya!

Dik:
R1 : 2Ω
R2 : 3 Ω
R3 : 4 Ω
R4 : 5 Ω
R5 : 6 Ω
R6 : 7 Ω
R7 : 9 Ω
R8 : 12 Ω
Dit: Rtot:...?

Jawab
Rtot : R1 + R2 + R3 + R4 + R5+ R6+ R7+ R8
: 2Ω + 3 Ω + 4 Ω + 5 Ω + 6 Ω + 7 Ω + 9 Ω + 12 Ω
: 48 Ω

Pada latihan nomor 2 di atas permintaan soal tersebut sudah sangat jelas. Pada soal tersebut kita diminta untuk menentukan jumlah hambatan total dari delapan buah resistor. Dalam hal ini kita harus menghitung jumlah hambatan total yang diminta. Jawabannya bisa dilihat seperti tertera di atas.

3. 2 buah resistor masing-masing 3Ω dan 9Ω, disusun secara seri, dan ujung-ujungnya dihubungkan dengan baterai 36V. Tentukan kuat arus listrik?

Jawab:
Dik R1 :3
R2 :9
V :36V
Dit : I....?

Jawab:
I : V
Rtot
: V
(R1 + R2)
: 36
(3+9)
: 36
12
: 3 A

Untuk soal nomor 3 sudah jelas dimana kita diminta untuk menghitung kuat arus listrik dari dua buah resistor. Soal ini lebih mudah jika kita mengetahui atau paham dengan rumus yang harus kita gunakan untuk mencari kuat arus. 

4. 4 buah resistor masing-masing 3 Ω, 6 Ω, 8 Ω, 9 Ω dipasang secara seri dan memiliki kuat arus sebesar 2A. Tentukan tegangannya!

Jawab
Diketahui:
R1: 3 Ω
R2: 6 Ω
R3: 8 Ω
R4: 9 Ω
Ditanya:
V: ...?

Jawab:
Rtot : R1 + R2 + R3 + R4
: 3 Ω + 6 Ω + 8 Ω + 9 Ω
: 26 Ω
V : I . R
: 2 . 26
: 52 V

5. 3 buah resistor masing-masing 2 Ω, 4 Ω, dan 6 Ω, disusun secara seri dan ujung-ujungnya dihubungkan dengan baterai 48V. Tentukan tegangan pada resistor 6 Ω?

Jawab
Diketahui:
R1: 2 Ω
R2: 4 Ω
R3: 6 Ω
Ditanya: V3: ...?

Jawab:
Rtot : R1 + R2 + R3
: 2 + 4 + 6
: 12 Ω
I : V
R
: 48
12
: 4A
V3 : I . R3
: 4 . 6
: 24V

Salin Soal Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Untuk dapat mempelajari soal yang saya maksud silahkan rekan pelajar menyalinnya dan mempelajarinya dirumah. Lumayan kan untuk menghemat waktu, jadi rekan tidak perlu membacanya sekarang dan lebih menghemat waktu dan biaya.



Rekan dapat menyalin soal tersebut melalui tautan yang tersedia, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog ini agar dapat mempelajari soal-soal terbaru yang dibahas disini. Semoga bermanfaat….