Kumpulan Soal dan Pembahasan Suku Banyak

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kali ini Kusop akan berbagi sedikit mengenai soal dan pembahasan tentang materi suku banyak. Soal-soal ini merupakan kumpulan soal yang sengaja dibagikan untuk membantu rekan pelajar dalam memahami materi suku banyak.

Untuk yang membutuhkan banyak referensi berbagai latihan silahkan langsung cek kumpulan soal dan pembahasan suku banyak berikut yang akan disajikan lengkap.

Kita akan belajar sedikit demi sedikit. Jadi jangan kaget kalau soalnya tidak terlalu banyak. Yang paling penting kita bisa rutin belajar. Tidak bagus juga belajar sekaligus banyak. Ya sudah, kita ikuti soalnya.

A. Kumpulan Soal dan Pembahasan Suku Banyak

Soal suku banyak yang akan Kusop bagikan terdiri dari dua macam soal yaitu soal pilihan ganda dan soal essay tentang suku banyak yang diikuti dengan jawaban dan pembahasannya. Silahkan pelajari soal-soalnya berikut ini. (Kumpulan Soal dan Jawaban)

Soal Suku Banyak Pilihan Ganda
Berikut ini adalah kumpulan soal dan pembahasan pilihan ganda yang akan dapat digunakan untuk mempejari lebih lanjut mengenai materi kita yaitu suku banyak.

Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Nilai suku banyak dari x3+ 2x – 3 untuk x = 1 adalah ….
a. -2
b. -1c. 0
d. 1
e. 2
Jawaban : C

2. Suku banyak 2x2 + 5x + 1 dibagi 2x – 3, hasil bagi dan sisanya adalah ….
a. x + 4, sisa 13
b. x + 4, sisa -13
c. x – 4, sisa 13
d. x – 4, sisa -13
e. –x – 4, sisa 13
Jawaban : A
3. Sisa pembagian dari (-3x3 – 7x2 + 5x + 4) : (x + 3) adalah ….
a. -8
b. -7
c. 0
d. 7
e. 8
Jawaban : D

4. Suku banyak x3 – 10x2 + 6x + 20 dibagi (x – 2) hasilnya H(x). nilai H(2) adalah ….
a. -22
b. -12
c. 0
d. 12
e. 22
Jawaban : A

5. Suku banyak P(x) dibagi (x – 2) sisa 24, jika dibagi (x + 5) sisa 10. Jika P(x) dibagi x2 + 3x – 10, maka sisanya adalah ….
a. x + 3
b. x+ 2
c. x -2
d. x – 3
e. 2x + 20
Jawaban : E

Lima cukup ya? Ya jelas tidak. Lima hanya untuk sekali belajar saja. Kalau mau lanjut ya harus dengan soal lainnya. Tapi tenang saja, sudah disiapkan tambahan latihan lainnya kok. Khusus untuk adik-adik semua.

B. Soal Suku Banyak Essay

Berikut ini adalah kumpulan soal dan pembahasan pilihan ganda yang akan dapat digunakan untuk mempejari lebih lanjut mengenai materi kita yaitu suku banyak. 

Salin Copy

Soal Essay
Jawablah pertanyan berikut dengan singkat dan jelas! 
  1. Hitunglah nilai p, q dan r jika: (2x2 + x + 2) / (x3 – 1) = [p / ( x- 1)] + [(qx + r)/x2 + x + 1]! 
  2. Suku banyak P(x) berderajat 2. Jika dibagi (x – 1) sisa 6 dan jika dibagi (x – 2) sisanya 12. P(x) habis dibagi x + 2. Tentukan suku banyak tersebut! 
  3. Persamaan x3 – x2 – 32x + a = 0 memiliki faktor (x – 2). Tentukan nilai a dan faktor-faktor yang lain!
Bagi rekan yang masih butuh soal-soal lain silahkan lihat beberapa koleksi soal dan pembahasan yang lainnya berikut ini.

Semoga apa yang dibahas kali ini dapat bermanfaat bagi rekan pelajar semua. Untuk rekan pelajar saya akan selalu mengupdate soal dan pembahasan setiap harinya.