Latihan Soal Ujian IPA Kelas 4 SD Semester 2

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Latihan yang akan dikerjakan saat ini untuk persiapan "Ujian IPA Kelas 4 SD", jadi bagi adik-adik yang ingin mempersiapkan diri lebih awal bisa menggunakan latihan Soal Ujian IPA tersebut sebagai bahan tambahan.

Latihan ini hanya terdiri dari beberapa soal saja dan tidak dilengkap dengan jawaban karena memang ditujukan untuk latihan dalam menempuh ujian kenaikan kelas. 

Karena merupakan latihan ujian maka tentu saja soal berikut bisa untuk persiapan pada semester 2 sebelum diadakannya ulangan kenaikan.

Soal ini merupakan soal isian yang berjumlah sekitar 10 soal lebih. Sebagian berupa soal isian titik-titik dan sebagian lagi merupakan soal uraian. Apakah adik-adik siap untuk berlatih hari ini? Jika adik-adik telah siap untuk belajar dengan soal IPA Kelas 4 SD tersebut maka adik-adik bisa mulai bersiap. 

Dalam menjawab soal berikut perlu diperhatikan bahwa pertama adik-adik harus memahami benar apa yang dikehendaki dari soal yang diberikan. Untuk mudahnya dalam mengerjakan latihan ini maka perhatikan beberapa tips berikut!

1. Pahamilah soalnya terlebih dahulu
2. Jika sulit lewati soal tersebut, kerjakan yang lebih mudah terlebih dahulu
3. Koreksi jawaban yang sudah selesai

Kunci mudah menjawab soal adalah mengerti, jika mengerti soalnya maka kemungkinan jawabannya akan lebih bagus. Selain itu, dalam mengerjakan soal perhatikanlah waktu yang dimiliki, kerjakan soal-soal yang paling mudah terlebih dahulu.

Terakhir, jika masih ada waktu luang biasakan untuk mengecek lagi hasil jawaban yang telah ada terutama untuk soal-soal yang dianggap sulit. Itulah sedikit tips dalam mengerjakan soal latihan kali ini, sekarang untuk adik-adik semua yang sudah siap bisa mulai mengerjakan soal latihan UKK IPA semester 2 yang ada di bawah ini.


Kerjakan  Latihan Soal Ujian IPA Kelas 4 SD Semester 2  berikut:
  1. Bahan dari alam yang dimanfaatkan manusia disebut ....
  2. Indonesia kaya akan bahan mineral karena ....
  3. Yang dimaksud gaya gesek adalah ....
  4. Kereta kuda dapat bergerak karena adanya gaya ....
  5. Bunyi suara yang teratur disebut ....
  6. Benda yang termasuk sumber energi yang tak terbatas adalah ....
  7. Matahari merupakan sumber energi ....
  8. Yang dimaksud sumber energi alternatif adalah ....
  9. Gaya yang timbul karena sifat elastis disebut ....
  10. Bentuk energi yang disebabkan oleh benda bergetar disebut ....
  11. Apa yang dimaksud dengan:
    • a. Frekuensi
      b. Resonansi
      c. Nada
  12. Jelaskan pengertian dari:
      a. Gaya tarik
      b. Gaya dorong
      c. Gaya magnet
      d. Gaya pegas
  13. Berikan masing-masing tiga contoh dari:
    • a. Gaya pegas
      b. Gaya magnet
      c. Gaya gesek
      d. Gaya gravitasi bumi
  14. Berikan masing-masing tiga contoh dari:
    • a. Energi panas
      b. Energi listrik
      c. Energi gerak
      d. Energi kinetik
  15. Sebutkan pengertian dari:
    • a. Erosi
      b. Reboisasi
      c. Daur ulang
      d. Energi alternatif
TipsUntuk soal-soal yang tidak bisa dikerjakan atau sulit sebaiknya adik-adik baca kembali buku catatan yang ada. Jika masih bingung bisa juga mendiskusikan soal tersebut dengan teman-teman atau meminta bimbingan dari bapak dan ibu guru di sekolah

Setelah selesai dengan Latihan Soal Ujian IPA Kelas 4 Semester 2 di atas maka jangan lupa untuk mencoba mengerjakan juga beberapa latihan lain untuk pelajaran ilmu pengetahuan alam yang sudah dipelajari di sekolah. Ingat, semakin banyak berlatih maka akan semakin baik.



Kalau sering berlatih maka akan semakin paham dengan pelajaran yang diajarkan. Dengan begitu nilai yang di dapat juga akan lebih baik. Jangan lupa catat alamat situs kumpulan-soal-dan-jawaban!